sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rusia catat rekor baru kasus harian Covid-19

Rusia mencatat total 18.328 kasus coronavirus jenis baru.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 13 Apr 2020 18:44 WIB
Rusia catat rekor baru kasus harian Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 377.541
Dirawat 63.576
Meninggal 12.959
Sembuh 301.006

Rusia pada Senin (13/4), melaporkan 2.558 kasus baru Covid-19. Itu merupakan rekor kenaikan harian, menjadikan total kasus nasional 18.328.

Pusat tanggap krisis coronavirus jenis baru Rusia mengatakan bahwa 148 orang yang didiagnosis dengan virus tersebut telah meninggal sejauh ini, meningkat 18 kasus dalam semalam.

Dari 18.328 total kasus di Rusia, 1.470 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, perbatasan timur laut dengan Rusia telah menjadi garis depan China saat ini dalam perang melawan kebangkitan Covid-19 ketika kasus positif Covid-19 harian di Tiongkok pada Minggu (12/4) naik ke level tertinggi sejak 5 Maret. Lebih dari 90% dari kasus baru melibatkan orang yang datang dari luar negeri.

Setelah cukup sukses menghentikan transmisi domestik Covid-19, China perlahan-lahan meredakan pembatasan pergerakan warganya, mencoba menghidupkan kembali perekonomian. Namun, di lain sisi ada kekhawatiran bahwa meningkatnya kasus impor dapat memicu gelombang kedua coronavirus jenis baru.

Terdapat 108 kasus baru Covid-19 yang dilaporkan di China daratan pada Minggu, naik dari 99 pada hari sebelumnya. 

Dari 108, 98 di antaranya adalah kasus impor, di mana setengahnya melibatkan warga negara China yang kembali dari Distrik Federal Timur Jauh. Mereka memasuki China dengan menyeberangi perbatasan di Provinsi Heilongjiang.

Perbatasan sendiri ditutup, kecuali bagi warga negara China, dan rute darat telah menjadi salah satu dari beberapa pilihan yang tersedia bagi orang-orang yang mencoba pulang setelah Rusia menghentikan penerbangan ke China, kecuali untuk evakuasi.

Sponsored

Total kasus yang dikonfirmasi di China daratan mencapai 82.160 pada Minggu. Dari jumlah itu, 3.341 orang meninggal dan 77.663 telah dinyatakan sembuh.

Kota-kota China di dekat perbatasan Rusia sendiri dilaporkan telah memperketat kontrol perbatasan dan memberlakukan karantina yang lebih ketat sebagai respons dari meningkatnya kasus impor.

Suifenhe dan Harbin mewajibkan 28 hari karantina serta uji asam nukleat dan antibodi bagi semua kedatangan dari luar negeri.

Di Shanghai, pihak berwenang menemukan bahwa 60 orang yang tiba dengan penerbangan Aeroflot SU208 dari Moskow pada 10 April positif Covid-19. Hal tersebut diungkapkan juru bicara Komisi Kesehatan Kota Shanghai Zheng Jin pada Senin.

Penduduk di Suifenhe mengatakan banyak orang telah meninggalkan kota karena takut akan tertular Covid-19, tetapi ada juga yang menaruh kepercayaan pada tindakan penahanan pihak berwenang.

"Saya tidak perlu khawatir," ujar Zhao Wei, seorang warga Suifenhe kepada Reuters. "Jika ada transmisi lokal, saya akan melakukannya (meninggalkan kota), tetapi tidak ada satu pun. Mereka semua dari perbatasan, tetapi mereka semua telah dikirim ke karantina."

Berita Lainnya