sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sambaran petir tewaskan 107 orang di India

Sambaran petir selama musim hujan pada Juni-September umum terjadi di India.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 26 Jun 2020 12:44 WIB
Sambaran petir tewaskan 107 orang di India
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 59394
Dirawat 29740
Meninggal 2987
Sembuh 26667

Setidaknya 107 orang tewas tersambar petir di tengah musim hujan yang berlangsung di wilayah utara dan timur India.

Sekitar 83 orang tewas di Negara Bagian Bihar setelah disambar petir dan 24 lainnya tewas di Negara Bagian Uttar Pradesh. Para pejabat mengatakan, puluhan lainnya terluka.

Sambaran petir selama musim hujan pada Juni hingga September umum terjadi di India. Menteri Manajemen Bencana, Bihar Lakshmeshwar Rai, mengatakan, insiden terbaru mengakibatkan korban harian tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Lebih dari setengah dari korban tewas berasal dari distrik utara dan timur Bihar yang rawan banjir. Rai memperingatkan, jumlah korban tewas dapat meningkat karena pemerintah masih menunggu laporan lengkap dari otoritas masing-masing negara bagian terdampak.

Menurut Kantor Departemen Meteorologi India, hujan deras diperkirakan akan melanda Bihar pada Jumat (26/6) hingga Sabtu (27/6).

Sementara itu, sebagian besar kematian di Uttar Pradesh dilaporkan di distrik Deoria yang dekat dengan perbatasan Nepal.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban, Kamis malam (25/6). Dia menambahkan, otoritas di Bihar dan Uttar Pradesh dalam proses penyaluran bantuan darurat.

Menurut Biro Catatan Kriminal Nasional, lebih dari 2.300 orang tewas tersambar petir di India pada 2018.

Sponsored

Musim hujan sangat penting untuk mengisi kembali persediaan air di Asia Selatan, tetapi di lain sisi juga menyebabkan kematian dan kerusakan yang meluas di kawasan tersebut setiap tahunnya. (The Guardian)

Berita Lainnya