sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Saudi bantah kabar gelar pertemuan dengan Israel

Isu ini pertama kali dilaporkan media Israel.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 24 Nov 2020 18:05 WIB
Saudi bantah kabar gelar pertemuan dengan Israel
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Faisal bin Farhan Al Saud, membantah kabar terjadi pertemuan antara Putra Mahkota Mohammed bin Salman atau MBS dan pejabat Israel pada Minggu (22/11).

"Saya telah melihat laporan pers tentang pertemuan antara putra mahkota dan pejabat Israel. Pertemuan itu sama sekali tidak terjadi," tegas dia, Senin (23/11) waktu setempat.

Media Israel sebelumnya melaporkan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengadakan pembicaraan rahasia dengan MBS di Arab Saudi, Minggu.

Laporan oleh penyiar publik Israel, Kan dan sejumlah media lokal lainnya muncul beberapa pekan setelah Israel mencapai kesepakatan memperbaiki hubungan dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan.

Kesepakatan tersebut ditengahi pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang akan meninggalkan jabatannya dalam waktu kurang dari dua bulan.

Terdapat spekulasi yang tersebar luas di dalam Israel dan AS, bahwa Washington mungkin mendorong negara-negara Arab lainnya untuk memperbaiki hubungan dengan Israel sebelum pelantikan Presiden terpilih AS, Joe Biden, pada Januari 2021.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, yang berada di Israel pada pekan lalu, dilaporkan menghadiri pembicaraan pada Minggu.

Pompeo telah mengonfirmasi berada di Neom sebagai bagian dari turnya ke Timur Tengah dan bertemu MBS.

Sponsored

Secara publik, Arab Saudi mengatakan akan tetap berpegang pada posisi Liga Arab untuk tidak memiliki hubungan dengan Israel hingga konflik dengan Palestina diselesaikan.

Palestina telah mengecam kesepakatan normalisasi hubungan sejumlah negara Arab dengan Israel, menyebutnya sebagai pengkhiantan.

Pada akhir Agustus, PM Netanyahu mengatakan, Israel mengadakan pertemuan yang tidak akan dipublikasikan dengan para pemimpin Arab dan muslim untuk menormalkan hubungan negaranya. (Al Jazeera)

Berita Lainnya