sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Sejumlah jet tempur Israel rusak akibat banjir

IDF menolak menyebut lokasi pangkalan angkatan udara tersebut atau jumlah serta jenis pesawat yang rusak.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 13 Jan 2020 16:34 WIB
Sejumlah jet tempur Israel rusak akibat banjir

Militer Israel mengakui sejumlah jet tempur mereka rusak setelah hujan lebat pekan lalu membanjiri hanggar. Perbaikan diperkirakan dapat menelan biaya puluhan juta shekel.

"Sejumlah pesawat rusak. Pesawat-pesawat tersebut akan diperbaiki dan kembali terbang dalam beberapa hari mendatang," sebut pernyataan militer.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), pangkalan angkatan udara di selatan negara itu terendam banjir setelah kali didekatnya meluap. IDF menolak menyebut lokasi pangkalan angkatan udara tersebut atau jumlah serta jenis pesawat yang rusak.

Sebuah foto viral di media sosial menunjukkan sebuah jet tempur F-16 di hanggar yang terendam banjir. Pada awalnya, militer Israel menolak mengonfirmasi peristiwa ini.

Channel 12 melaporkan bahwa banjir mencapai lebih dari satu setengah meter. Lagi-lagi, IDF tidak mengonfirmasi laporan tersebut, namun memastikan bahwa tidak ada pasukannya yang terluka.

IDF menerangkan bahwa selama akhir pekan pasukan bekerja untuk memompa air.

Rabu lalu, seorang pria Israel bernama Moti Ben Shabbat (38), tewas oleh banjir di utara negara itu saat dia mencoba menyelamatkan seorang ibu dan anak yang terperangkap di mobil. Pada awal bulan ini, dua orang tewas di Tel Aviv setelah mereka terjebak dalam lift yang terendam banjir.

Sponsored

Hujan lebat telah membuat sejumlah daerah di Israel dilanda banjir. Salah satunya kota pantai Nahariya, yang dekat dengan Lebanon. (The Times of Israel)

Berita Lainnya