sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Senegal apresiasi RI atas sokongan pembangunan infrastruktur

Presiden Senegal menyampaikan apresiasi kepada Indonesia yang akan membangun gedung multifungsi, Menara Goree.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 03 Des 2019 10:03 WIB
Senegal apresiasi RI atas sokongan pembangunan infrastruktur
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Senegal Macky Sall pada Senin (2/12) di Ibu Kota Dakar. Keduanya membahas peningkatan kerja sama bilateral, termasuk di bidang infrastruktur.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa (3/12), Presiden Sall menyampaikan apresiasi kepada Indonesia yang akan membangun gedung multifungsi, Menara Goree, di Senegal.

Setelah tatap muka tersebut, Menlu Retno dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Senegal menyaksikan penandatanganan Kontrak Tahap Satu proyek Menara Goree. Kerja sama terkait proyek itu awalnya disepakati pada Indonesia-Africa Infrastructure Dialog (IAID) pada Agustus.

Penandatanganan yang dilakukan antara PT WIKA dan pihak Senegal menjadi pertanda dimulainya pelaksanaan proyek senilai Rp3,9 triliun tersebut.

Dalam kunjungan Menlu Retno ke Senegal, sejumlah perwakilan BUMN Indonesia yang turut hadir juga melaksanakan serangkaian pertemuan terkait kerja sama pembangunan infrastruktur, pertambangan, dan industri strategis.

Sall dan Menlu Retno sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama dalam berbagai proyek di masa depan. Retno juga meminta kepada Presiden Senegal untuk memberikan kemudahan perizinan visa, termasuk bagi kalangan swasta, demi meningkatkan transaksi ekonomi kedua negara.

Dalam kunjungan ini, Menlu Retno dan Presiden Sall membahas peluang pembelian pesawat militer CN-235 produksi Indonesia, renovasi bandara militer, serta kerja sama pertambangan seperti fosfat. Pembahasan lebih rinci akan terus dilakukan, khususnya mengenai skema keuangan untuk pembiayaan proyek-proyek tersebut.  

Selain bertemu dengan Presiden Sall, Menlu Retno berkunjung ke Senegal untuk berbicara dalam konferensi internasional mengenai pembangunan berkelanjutan.

Sponsored

Retno diundang sebagai salah satu panelis untuk berbagi kisah sukses kerja sama pembangunan dan investasi Indonesia dengan sejumlah negara di Afrika.

Di sela-sela konferensi, Menlu Retno mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pihak seperti Presiden Burkina Faso Roch Marc Christian Kaboré, Perdana Menteri Mali Boubou Cisse, dan Deputi Sekretaris Jenderal PBB Amina Mohammed.

Berita Lainnya