sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Studi di India: Ada penurunan antibodi Covid-19 setelah 4 bulan vaksin

Temuan ini bisa membantu pemerintah India untuk menentukan apakan akan memberikan dosis booster.

Sita Aisha Ananda
Sita Aisha Ananda Selasa, 14 Sep 2021 19:39 WIB
Studi di India: Ada penurunan antibodi Covid-19 setelah 4 bulan vaksin

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 614 petugas kesehatan yang sudah divaksinasi penuh di India, menemukan adanya penurunan yang signifikan dalam antibodi penangkal Covid-19 pada tubuh mereka, dalam jangka empat bulan sejak suntikan pertama.

Temuan ini bisa membantu pemerintah India untuk menentukan apakan akan memberikan dosis booster, seperti yang telah dilakukan pada beberapa negara Barat.

Memudarnya antibodi bukan berarti bahwa orang tersebut akan kehilangan kemampuan mereka untuk melawan penyakit. Hal ini terjadi karena sel-sel memori tubuh mungkin masih berfungsi untuk menawarkan perlindungan substansial, ujar direktur lembaga pemerintah yang melakukan penelitian tersebut.

"Setelah enam bulan, kami akan dapat memberi tahu Anda dengan lebih jelas apakah dan kapan booster akan dibutuhkan," kata Sanghamitra Pati dari Pusat Penelitian Medis Regional, yang berbasis di kota timur Bhubaneswar pada Selasa (14//9).

Pati juga mengatakan, mereka akan mendesak studi serupa di beberapa area yang berbeda untuk data pan-India.
Para peneliti Inggris mengatakan bulan lalu bahwa perlindungan yang ditawarkan oleh dua dosis vaksin Pfizer (PFE.N)/BioNTech (22UAy.DE) dan AstraZeneca (AZN.L) mulai memudar dalam waktu enam bulan.

Studi di Inidia, yang diterbitkan di platform pracetak Research Square, adalah salah satu yang pertama dilakukan di negara tersebut yang melibatkan dua vaksin utamanya, yaitu Covishield, versi berlisensi dari suntikan AstraZeneca, dan Covaxin yang dikembangkan di dalam negeri.

Pejabat kesehatan mengatakan meskipun mereka sedang mempelajari ilmu yang berkembang mengenai dosis booster, prioritas yang merek amiliki adalah untuk memvaksinasi 944 juta orang dewasa di India. Saat ini, lebih dari 60% dari mereka sudah menerima setidaknya satu dosis dan 19% sudah vaksinasi penuh.

Kasus dan kematian Covid-19 di India telah mengalami penurunan yang tajam sejak puncaknya pada awal Mei. India melaporkan total ada 33,29 juta kasus dan 443.213 kematian.
 

Sponsored


Sumber : Reuters

Berita Lainnya