sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Sukses gagalkan rencana teror, Putin: Terima kasih Trump

Dua warga Rusia ditahan pada 27 Desember karena dicurigai merencanakan serangan selama perayaan Tahun Baru di St. Petersburg.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 30 Des 2019 09:48 WIB
Sukses gagalkan rencana teror, Putin: Terima kasih Trump

Rusia pada Minggu (29/12) mengatakan bahwa pihaknya telah menggagalkan serangan terorisme yang dilaporkan direncanakan di St. Petersburg berkat informasi dari Amerika Serikat. Hal itu membuat Presiden Vladimir Putin mengucapkan terima kasih secara pribadi terhadap Donald Trump. 

Sejumlah media Rusia yang mengutip Layanan Keamanan Federal (FSB) menyebutkan, berkat informasi AS, dua warga Rusia ditahan pada 27 Desember karena dicurigai merencanakan serangan selama perayaan Tahun Baru di St. Petersburg.

Kremlin menuturkan, Putin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Trump selama perbincangan keduanya via telepon pada Minggu. Tidak ada keterangan lebih lanjut.

Hubungan diplomatik antara Washington dan Moskow diwarnai sejumlah perselisihan, mulai dari soal Ukraina hingga Suriah serta tuduhan campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016. Namun, Trump dan Putin dinilai berhasil menjaga komunikasi pribadi mereka.

Sponsored

Dua tahun lalu, Presiden Putin juga menelepon Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi yang disebutnya membantu mencegah serangan bom di sebuah katedral di St. Petersburg. Rusia telah berulang kali menjadi sasaran serangan oleh sejumlah kelompok militan, termasuk ISIS.

Pernyataan Kremlin pada Minggu menyebutkan bahwa Putin dan Trump setuju untuk melanjutkan kerja sama bilateral untuk menangani terorisme.

Sumber : Reuters

Berita Lainnya