sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tabrakan dengan sepeda, pengguna e-skuter meninggal dunia

Pengendara e-skuter dilarikan ke rumah sakit dengan luka kritis, di mana dia kemudian meninggal.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Rabu, 04 Mei 2022 13:37 WIB
Tabrakan dengan sepeda, pengguna e-skuter meninggal dunia

Seorang pria yang mengendarai skuter listrik meninggal di Perth setelah bertabrakan dengan pengendara sepeda pada Rabu pagi.

Polisi mengatakan sekitar pukul 2.25 pagi pada hari Rabu, pria berusia 46 tahun yang mengendarai skuter itu menabrak pengendara sepeda di tikungan di sudut jalan Nicholson dan Yale di Thornlie.

Pengendara e-skuter dilarikan ke rumah sakit Fiona Stanley dengan luka kritis, di mana dia kemudian meninggal. Pengendara sepeda, seorang pria berusia 52 tahun, mengalami luka ringan dan dirawat di tempat kejadian.

Seorang juru bicara dari kepolisian Australia Barat mengatakan apakah pengendara e-skuter itu mengenakan helm akan menjadi bagian dari penyelidikan mereka.

Madison Bland, kandidat PhD di Griffith University's Cities Research Institute, mengatakan e-skuter semakin populer di pusat kota sebagai bentuk transportasi alternatif untuk perjalanan singkat sejauh 1-5 km.

“Mereka cepat dan efisien – dengan kejutan harga bahan bakar baru-baru ini, mereka jauh lebih terjangkau, dan baterai lithium memberikan perjalanan bebas emisi,” katanya.

“Kami telah melihat orang-orang dari segala usia di atas 16 tahun menggunakan e-skuter di pasar swasta, dan sekarang dengan peluncuran layanan berbagi publik … mereka gesit dan efisien.”

Sepeda elektronik dan skuter yang memenuhi standar Eropa tertentu diizinkan di jalan umum di Australia di bawah aturan yang serupa dengan sepeda.

Sponsored

Legalitas mengendarai e-skuter tergantung pada kerangka kerja masing-masing negara bagian dan teritori, namun Australia Barat, Queensland, ACT, dan Tasmania memiliki peraturan yang paling tidak melarang.

Stirling adalah dewan Perth pertama yang meluncurkan skema e-skuter bersama Februari lalu, ketika menerapkan uji coba e-skuter 12 bulan dengan operator Neuron Mobility yang disetujui di kota itu.

Undang-undang baru yang diperkenalkan di negara bagian itu Desember lalu membatasi e-skuter hingga kecepatan maksimum 25 km/jam di jalan pinggiran kota dan jalur sepeda dan 10 km/jam di jalan setapak. Adalah ilegal untuk mengendarainya di jalan utama.

Pemerintah New South Wales baru-baru ini mengumumkan akan bergabung dengan mayoritas negara bagian dan teritori dan mengadakan uji coba e-skuter 12 bulan akhir tahun ini, dengan fokus untuk memastikan peraturan “masuk akal dan sesuai”.

NSW adalah satu-satunya negara bagian di mana e-bike masih dilarang di tempat umum.

Bland mengatakan terlepas dari peraturan, pasar swasta menjual kendaraan yang dapat mencapai kecepatan lebih dari 60 km/jam, dan mengatakan dewan dan pemerintah harus mempertimbangkan infrastruktur khusus untuk memenuhi bentuk transportasi baru.

“Ada kekhawatiran bagi regulator untuk berbicara dengan pemasok swasta ini dan membangun ke dalam sistem kebutuhan akan kendaraan yang lebih aman sehingga kami dapat membatasi konflik ini,” katanya.

“Kita juga harus melihat penyediaan infrastruktur dan bagaimana daerah perkotaan kita melayani kendaraan ini … dan berdiskusi serius tentang jalur khusus yang terpisah secara fisik untuk mendukung mobilitas mikro.

“Ini adalah jenis kendaraan yang sangat baru, ada periode transisi di mana semua pengguna jalan perlu membiasakan diri, tetapi … ini adalah ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya – jika Anda menyediakan infrastruktur yang aman, itu akan memberikan insentif yang lebih besar untuk berkendara sehingga [Anda mendapatkan] keamanan di dalamnya.”

Angka rumah sakit Royal Perth yang diberikan kepada Australia Barat menunjukkan 44 orang telah dirawat di bangsal trauma negara bagian karena cedera yang diderita dalam kecelakaan e-skuter sejak 2019.

Delapan belas dari 44 pasien tidak mengenakan helm pada saat kecelakaan mereka, sementara alkohol dan/atau obat-obatan merupakan faktor dalam 15 dari 44 kasus.

Pada bulan Februari, seorang anak laki-laki berusia 13 tahun meninggal di rumah sakit setelah kecelakaan skuter listrik di utara Perth, mendorong ayahnya untuk mengeluarkan permohonan mendesak untuk keselamatan helm.

Pada saat itu, komisaris keselamatan jalan negara bagian, Adrian Warner, mengatakan itu adalah pengingat yang memilukan bahwa perangkat harus digunakan "dengan aman dan bijaksana".

“Seperti pengendara sepeda, seperti pengendara sepeda motor, seperti pejalan kaki, pengendara e-skuter rentan,” katanya.

"Mereka akan menjadi yang terbaik kedua dalam setiap kecelakaan dengan kendaraan bermotor."

Berita Lainnya