sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tegang dengan AS, China gelar latihan militer di LCS

China pada Senin (25/1), mengeluh bahwa AS kerap mengirimkan pesawat tempur dan kapal ke LCS.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 26 Jan 2021 19:43 WIB
Tegang dengan AS, China gelar latihan militer di LCS

Angkatan Laut China pada Selasa (26/1) mengumumkan bahwa mereka akan menggelar latihan militer di Laut China Selatan (LCS) pekan ini. Hal ini, terjadi beberapa hari setelah Beijing marah karena Amerika Serikat (AS) mengirim armada kapal induk ke perairan tersebut.

Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Maritime Safety Administration China meminta, seluruh kapal sipil menghindari melintasi sebagian perairan di Teluk Tonkin di sebelah barat semenanjung Leizhou, barat daya China, dari 27 Januari hingga 30 Januari.

Namun, otoritas tidak memberikan perincian terkait kapan latihan militer akan dilakukan atau sebesar apa skala latihan tersebut.

Armada kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt memasuki LCS pada Sabtu (23/1) untuk mempromosikan kebebasan berlaut, kata militer AS, beberapa hari setelah Joe Biden memulai masa jabatannya sebagai presiden.

Perairan yang diperebutkan telah menjadi titik nyala dalam hubungan bilateral antara Beijing dan Washington.

Militer AS terus meningkatkan aktivitasnya di sana dalam beberapa tahun terakhir karena China menegaskan klaim teritorialnya di wilayah yang juga diklaim oleh sejumlah negara tetangga termasuk Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Taiwan.

China pada Senin (25/1), mengeluh bahwa AS kerap mengirimkan pesawat tempur dan kapal ke LCS, serta mengatakan tindakan seperti itu tidak kondusif bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan.

"AS sering mengirim pesawat dan kapal mereka ke Laut China Selatan untuk memamerkan kekuatan militer mereka," tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian dalam pengarahan media. (Reuters)

Sponsored
Berita Lainnya