sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Terjerat skandal melon, Mendag Jepang mundur

Isshu Sugawara akan digantikan oleh Hiroshi Kajiyama, yang salah satu tugasnya menangani perselisihan dagang dengan Korea Selatan.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 25 Okt 2019 12:20 WIB
Terjerat skandal melon, Mendag Jepang mundur

Menteri Perdagangan Jepang Isshu Sugawara mengundurkan diri pada Jumat (25/10), menyusul tuduhan pelanggaran hukum pemilu. Langkah ini terjadi satu bulan setelah dia menempati posisi yang ditugaskan menangani perselisihan dagang dengan Korea Selatan.

Perdana Menteri Shinzo Abe menuturkan dia telah menerima pengunduran diri Isshu serta meminta Hiroshi Kajiyama untuk mengambil alih pimpinan di Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri.

"Saya memikul tanggung jawab atas pengangkatannya dan saya sangat meminta maaf kepada rakyat Jepang atas persoalan ini," ungkap PM Abe.

Isshu berada di bawah tekanan setelah media mengatakan bahwa dia telah memberikan hadiah, seperti melon dan kepiting mahal, kepada pemilih di daerah pemilihannya di Tokyo. Selain itu, Isshu juga disebut menawarkan uang duka kepada keluarga pendukungnya.

"Saya tidak ingin masalah saya memperlambat pembahasan parlemen," kata Isshu pada Jumat saat menjelaskan pengunduran dirinya.

Kajiyama, yang akan memimpin perundingan perdagangan dengan Seoul seandainya dia menerima penunjukan itu, sebelumnya memegang jabatan di kabinet Abe sebagai menteri yang bertugas merevitalisasi ekonomi lokal.

Jepang dan Korea Selatan tengah terjebak dalam perselisihan perdagangan yang pahit sejak Tokyo memperketat kontrol ekspor pada bahan-bahan penting bagi produsen chip asal Korea Selatan dan menyingkirkan Seoul dari daftar negara yang memenuhi syarat untuk ekspor jalur cepat.

Langkah tersebut sebagian dipandang sebagai pembalasan setelah pengadilan tinggi Korea Selatan pada Oktober tahun lalu memerintahkan sejumlah perusahaan Jepang untuk memberikan kompensasi kepada warga Korea Selatan yang menjadi pekerja paksa semasa pendudukan Jepang di Semenanjung Korea.

Sponsored

Pada Kamis (24/10), PM Abe dan Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yon bertemu dan sepakat tentang pentingnya kerja sama kedua negara pada isu Korea Utara dan sejumlah masalah lainnya.

Sumber : Reuters