sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tim kampanye Trump pelintir pernyataan pakar kesehatan AS

Anthony Fauci sebut kutipan iklan kampanye Trump menyesatkan.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 12 Okt 2020 17:25 WIB
Tim kampanye Trump pelintir pernyataan pakar kesehatan AS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Pakar kesehatan terkemuka pemerintah Amerika Serikat, Anthony Fauci, mengatakan bahwa kutipannya yang digunakan dalam iklan kampanye Donald Trump menyesatkan.

Fauci, dalam iklan kampanye tim pemenangan Trump tersebut mengatakan, dia tidak bisa membayangkan ada orang yang berbuat lebih banyak untuk melawan Covid-19 selain Trump.

Iklan kampanye berdurasi 30 detik tersebut menyatakan bahwa "Presiden Trump sedang dalam pemulihan dari Covid-19, dan begitu pun AS".

Bahkan, klip iklan itu juga memuat pernyataan Fauci, "Saya telah mencurahkan hampir seluruh waktu untuk ini. Saya berada di Gedung Putih hampir setiap hari dengan satuan tugas. Jadi, saya tidak dapat membayangkan bahwa dalam keadaan apa pun itu siapa pun bisa berbuat lebih banyak."

Anthony Fauci menegaskan iklan yang ditayangkan tim kampanye Trump sudah diedit untuk kepentingan politik. Pasalnya, rekaman asli berasal dari wawancara yang dilakukan Fauci dengan Fox News pada Maret lalu.

Fauci yang pernah berselisih dengan Trump tentang coronavirus jenis baru menjelaskan bahwa dalam kutipan tersebut, dia sedang membicarakan tentang dirinya sendiri dan pejabat kesehatan lainnya.

"Komentar yang dikaitkan dengan saya tanpa izin saya di iklan kampanye GOP [Partai Republik] diambil di luar konteks dari pernyataan luas yang saya buat berbulan-bulan lalu tentang upaya pejabat kesehatan publik federal," ujar Fauci dalam pernyataannya pada Minggu (11/10).

Pakar penyakit menular itu menuturkan, dia tidak pernah secara terbuka mendukung kandidat politik mana pun.

Sponsored

"Dalam hampir lima dekade pelayanan publik saya, saya tidak pernah secara terbuka mendukung kandidat politik mana pun," lanjutnya.

Pernyataan Fauci muncul ketika Presiden Trump kembali melakukan kampanye pilpres pada Senin (12/10), hanya dua hari setelah dokternya memberikannya izin untuk kembali ke publik setelah melewati perawatan Covid-19. Trump akan menghadapi pesaingnya dari Partai Demokrat, Joe Biden, dalam Pilpres AS pada 3 November.

Meski dikritik oleh Fauci, tim kampanye Trump tetap membenarkan isi iklan tersebut.

"Ini adalah kata-kata Fauci sendiri. Video tersebut berasal dari wawancara televisi yang disiarkan secara nasional di mana Fauci memuji pekerjaan pemerintahan Trump. Kata-kata yang diucapkan akurat, dan langsung dari mulut Fauci," tutur juru bicara tim kampanye Trump, Tim Murtaugh.

Fauci telah menjadi anggota kunci gugus tugas yang dibentuk Gedung Putih untuk mengatasi Covid-19. Namun, beberapa kali Fauci diharuskan mengklarifikasi atau bahkan menentang pernyataan Trump tentang pandemik tersebut.

Pada April, Trump me-retweet tagar #FireFauci tetapi kemudian bersikeras bahwa dokter itu melakukan pekerjaannya dengan baik.

Fauci sebelumnya sempat mengatakan bahwa tanggapan awal AS terhadap Covid-19 seharusnya mengambil tindakan yang lebih cepat dan lebih komprehensif.

Selain itu, Fauci juga mengkritik Gedung Putih karena menjadi tuan rumah pertemuan bulan lalu yang dikaitkan dengan klaster baru Covid-19. Dia menilai, acara yang diadakan di Rose Garden pada 26 September adalah ajang yang hanya mempercepat penyebaran virus. Sedikitnya 11 orang yang hadir kemudian dinyatakan positif terkena Covid-19.

Sebanyak 34 pejabat Gedung Putih dan sejumlah orang lainnya telah dinyatakan positif Covid-19 baru-baru ini, banyak dari mereka terkait dengan acara pada 26 September. (BBC)

Berita Lainnya