sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Trump batalkan Konvensi Partai Republik di Florida

Dilaporkan 10.249 kasus positif Covid-19 baru di Florida pada Kamis.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 24 Jul 2020 20:00 WIB
Trump batalkan Konvensi Partai Republik di Florida
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 135123
Dirawat 39290
Meninggal 6021
Sembuh 89618

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, membatalkan Konvensi Nasional Partai Republik yang akan berlangsung di Jacksonville, Florida, akibat pandemi coronavirus baru (Covid-19).

Konvensi yang seharusnya digelar pada Juni tersebut mulanya hendak diadakan di Charlotte, North Carolina, sebelum akhirnya diputuskan dipindah ke Jacksonville.

Namun, tingkat infeksi Covid-19 melonjak di Florida. Negara bagian tersebut mencatat 173 fatalitas pada Kamis (23/7), rekor tertingginya sejauh ini.

"Saya memberi tahu tim saya, saatnya untuk membatalkan konvensi di Jacksonville," kata Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih.

Dia menyebut, sekarang bukan waktunya mengadakan acara yang berpotensi menarik massa.

Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), "Negeri Paman Sam" hingga kini mencatat 3.952.273 kasus positif Covid-19, termasuk 142.755 kematian.

Rapat umum Trump di Tulsa, Oklahoma, pada Juni, melihat tingkat partisipasi publik yang sangat rendah. Sebagian pihak menilai, masyarakat masih khawatir akan penyebaran Covid-19, terutama dalam acara yang diadakan di ruangan tertutup.

Setelah berbulan-bulan menolak mengenakan masker di depan umum, Trump akhirnya memakainya. Dia juga mendesak warga AS melakukan hal sama.

Sponsored

Otoritas di Jacksonville baru-baru ini memberlakukan kebijakan baru yang mewajibkan warganya mengenakan masker di dalam ruangan.

Florida yang diperintah sekutu Trump, Ron DeSantis, merupakan salah satu negara bagian yang paling terpukul akibat Covid-19. Dilaporkan 10.249 kasus baru pada Kamis.

"Saya merasa salah jika meminta orang-orang datang ke wilayah yang ternyata merupakan hotspot Covid-19. Kami memilih Jacksonville pada saat area itu belum menjadi hotspot," jelas Trump.

Trump berharap, tingkat infeksi dan fatalitas di Florida menurun cepat.

Sejumlah rangkaian acara Konvensi Nasional Partai Republik akan berlanjut di Charlotte, seperti yang direncanakan sebelumnya.

"Kami akan menggelar pertemuan yang cukup cepat di North Carolina," kata Trump. "Sayangnya, ini sama sekali tidak seperti konvensi terakhir kami di Cleveland."

Trump membantah ketika ada yang mengatakan bahwa pejabat Floria memintanya untuk membatalkan konvensi. "Ini semua hanya terkait masalah keamanan," jelas dia.

Sementara itu, Partai Demokrat lebih berhati-hati menggelar konvensi pada Agustus. Beberapa acara akan diadakan secara virtual dan beberapa masih secara langsung di Milwaukee, Wisconsin. (The Guardian)

Berita Lainnya