logo alinea.id logo alinea.id

Trump desak Jepang seimbangkan hubungan perdagangan

Trump secara tersirat menyebutkan bahwa perlindungan AS terhadap Jepang harus diimbangi dengan hubungan dagang yang menguntungkan.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 27 Mei 2019 12:50 WIB
Trump desak Jepang seimbangkan hubungan perdagangan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Senin (27/5) untuk menyeimbangkan hubungan perdagangan antara kedua negara.

Trump sedang menjalani kunjungan kenegaraan ke Jepang. Kunjungan itu dimaksudkan untuk memperkuat aliansi Washington-Tokyo. Namun, lawatannya dibayangi oleh ketegangan perdagangan.

Orang nomor satu di AS itu mengaitkan hubungan perdagangan AS-Jepang dengan kondisi keamanan.

"Ketika saya berbicara tentang ancaman keamanan, saya berbicara mengenai perdagangan. Untuk mengucurkan US$716 miliar per tahun bagi pengeluaran militer, Anda harus memiliki banyak uang masuk," kata Trump.

Pada Minggu (26/5), Trump mentwit bahwa langkah besar terkait kesepakatan perdagangan antara kedua negara baru akan dimulai usai Pemilu Parlemen Jepang pada Juli nanti.

"Dari segi perdagangan, saya pikir kami kemungkinan akan mengumumkan beberapa hal pada Agustus," kata Trump pada Senin. "Menurut saya, kami dapat mencapai keseimbangan dalam hubungan perdagangan."

PM Abe, yang telah menjalin koneksi pribadi yang dekat dengan Trump, menekankan kedekatan hubungan AS-Jepang. "Saya bertekad agar masyarakat di dalam negeri maupun dunia melihat ikatan yang sangat kuat antara Jepang dan AS," tegasnya.

Selain itu, PM Abe dan Trump juga membahas mengenai Korea Utara dan Iran. "Saya pribadi berpikir bahwa banyak hal baik akan datang terkait Korea Utara," ujar Trump.

Sponsored

Pada Minggu, Trump mengungkapkan dia tidak khawatir tentang peluncuran rudal yang baru-baru ini dilakukan Korea Utara.

Sementara PM Abe dikabarkan akan bertolak ke Iran pada Juni, untuk mencoba meredakan ketegangan yang meningkat antara Teheran dan Washington. Trump berkata Abe telah menyampaikan niat itu kepadanya.

"Kita akan lihat apa yang terjadi. Setahu saya PM Abe sangat dekat dengan Iran," kata Trump

Pada Sabtu (25/5) malam waktu setempat, negosiator perdagangan asal Jepang dan AS menghabiskan lebih dari dua jam berdiskusi. Meski gagal mencapai terobosan baru, Jepang menyatakan bahwa kini kedua pihak memiliki rasa pengertian yang lebih akan satu sama lain.

Awal pekan lalu, Trump terdengar percaya diri saat menyampaikan upayanya untuk menegosiasikan kesepakatan perdagangan baru dengan Jepang demi mengurangi defisit perdagangan sebesar US$68 miliar.

Sebelumnya, AS telah mengabaikan permintaan PM Abe untuk menghapus tarif impor baja dan aluminium. Namun, tidak lama setelahnya, Trump memutuskan untuk menunda penerapan tarif baru bagi mesin mobil.

Kepala negara pertama yang bertemu kaisar baru Jepang

Pada Senin pagi waktu setempat, sebelum bertatap muka dengan PM Abe, Trump bertemu kaisar baru Jepang, Naruhito. Trump menjadi kepala negara pertama yang bertemu dengan Kaisar Naruhito sejak dia mengambilalih Takhta Krisan pada awal Mei lalu.

Pada malam Senin waktu setempat, Trump dan Ibu Negara, Melania, akan bergabung dalam perjamuan kerajaan bersama Kaisar Naruhito.

Dalam upacara penyambutan yang berlangsung di halaman Istana Kekaisaran di Tokyo, Trump berjabat tangan dengan Kaisar Naruhito dan istrinya, Permaisuri Masako.

Pada November 2009, Presiden Barack Obama menuai kritik ketika dia membungkukkan badan di hadapan ayah Naruhito, Kaisar Akihito. Meskipun budaya Jepang memandang membungkukkan badan serupa tanda penghormatan, banyak kritikus yang menganggap hal itu sebagai tanda merendahkan diri yang tidak pantas diberikan oleh pemimpin AS.

Tidak ingin mengulangi kesalahan pendahulunya, ketika bertemu Akihito pada 2017, Trump hanya memberikan anggukan dan jabat tangan. Sambutan serupa pun Trump ulangi saat menyapa Naruhito pada Senin.

Kaisar Naruhito memperkenalkan era baru bernama Reiwa di Jepang. Setelah Perang Dunia II, konstitusi negara melucuti Kaisar Jepang dari segala kekuatan politik. Namun, kaisar tetap dianggap memiliki peran simbolis yang kuat di Negeri Sakura.

Interaksi Trump dengan pasangan kerajaan Jepang jauh lebih formal dan kaku ketimbang pertemuannya dengan PM Abe sepanjang Minggu (25/5). Abe mengajak Trump bermain golf, menonton turnamen sumo, dan menutup hari dengan makan malam bersama.

Keramahan antara kedua pria itu tertangkap dalam swafoto yang diunggah Abe dari lapangan golf, Trump yang mengenakan topi merah bertuliskan 'USA' terlihat tersenyum lebar.