sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Trump karantina mandiri setelah ajudan utamanya positif Covid-19

Trump berusia 74 tahun, membuatnya berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius akibat virus.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Jumat, 02 Okt 2020 10:48 WIB
Trump karantina mandiri setelah ajudan utamanya positif Covid-19

Presiden Donald Trump dan ibu negara Melania Trump melakukan karantina sambil menunggu hasil tes virus corona, setelah ajudan utamanya dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (1/10).

“Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami," kata Trump melalui Twitter, Kamis malam (1/10).

Menurut seorang pejabat administrasi anonim, ajudan Trump, Hope Hicks, mulai merasakan gejala ringan selama perjalanan pulang dengan pesawat dari rapat umum di Minnesota pada Rabu (30/9) malam. Dia dikarantina jauh dari orang lain di pesawat dan diagnosisnya dikonfirmasi Kamis (1/10).

Sebelumnya, selama wawancara melalui telepon dengan Sean Hannity dari Fox News Channel, Trump belum memiliki sikap apakah akan melakukan karantina atau tidak. 

"Saya tidak tahu. Saya baru saja mengikuti tes dan kita akan lihat apa yang terjadi," kata dia.

Hicks, yang menjabat sebagai penasihat Trump, juga melakukan perjalanan bersama Trump ke debat presiden pertama di Cleveland pada Selasa (29/9). Dia adalah pejabat Gedung Putih terdekat dengan Trump yang dinyatakan positif terkena virus sejauh ini.

Gedung Putih sebelumnya tidak menanggapi beberapa pertanyaan tentang terakhir kali Trump diuji dan apakah dia dan staf lain yang menghabiskan waktu bersama Hicks dalam beberapa hari terakhir akan diminta untuk karantina.

Trump melakukan perjalanan ke New Jersey Kamis (1/10) untuk penggalangan dana dan Gedung Putih mengirimkan jadwal untuk Jumat (2/10) yang mencakup briefing intelijen, panggilan telepon tentang dukungan Covid-19 untuk "senior yang rentan," penggalangan dana di hotelnya di Washington, DC, dan rapat umum di Sanford, Florida.

Sponsored

Trump berusia 74 tahun, membuatnya berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius akibat virus.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Gedung Putih Judd Deere mengatakan presiden memperlakukan kesehatan dan keselamatan dirinya sendiri dan semua orang yang bekerja untuk mendukungnya dan rakyat Amerika dengan sangat serius.

“Gedung Putih bekerja sama dengan dokter untuk Presiden dan Kantor Militer Gedung Putih untuk memastikan semua rencana dan prosedur memasukkan panduan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) saat ini dan praktik terbaik untuk membatasi paparan Covid-19 semaksimal mungkin baik di kompleks maupun saat Presiden sedang bepergian,” Kata Deere.

Selain Hicks, beberapa staf Gedung Putih telah dinyatakan positif terkena virus, termasuk Katie Miller sekretaris pers Wakil Presiden Mike Pence, penasihat keamanan nasional Robert O'Brien dan salah satu petugas keamanan pribadi presiden. Kimberly Guilfoyle yang berpacaran dengan putra tertua Trump, Donald Trump Jr juga dinyatakan positif di South Dakota sebelum pertunjukan kembang api Hari Kemerdekaan di Mount Rushmore.

Sumber: AP News

Berita Lainnya