sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Trump kensel lawatan delegasi AS ke Forum Ekonomi Dunia

Pembatalan kehadiran delegasi AS di World Economic Forum ini terjadi atas alasan government shutdown.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 18 Jan 2019 18:24 WIB
Trump kensel lawatan delegasi AS ke Forum Ekonomi Dunia

Donald Trump pada Kamis (17 Jan) membatalkan perjalanan delegasi Amerika Serikat ke konferensi internasional tahunan di Davos. Dia mengatakan keberadaan para pejabat tersebut dibutuhkan di Washington untuk menangani penutupan pemerintah atau government shutdown.

"Atas pertimbangan 800.000 pekerja besar Amerika ytidak menerima gaji dan untuk memastikan timnya dapat membantu sesuai kebutuhan, Presiden Trump telah membatalkan perjalanan delegasinya ke World Economic Forum (Forum Ekonomi Dunia) di Davos, Swiss," ungkap sebuah pernyataan dari Sekretaris Pers Sarah Sanders.

Menteri Keuangan Steve Mnuchin dijadwalkan memimpin delegasi beranggotakan lima orang yang juga termasuk Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Menteri Perdagangan Wilbur Ross, perwakilan perdagangan AS Robert Lighthizer dan asisten presiden Chris Liddell.

Keputusan untuk membatalkan perjalanan ke Davos datang setelah Trump 'memukul kepala lawannya' dari Partai Demokrat Nancy Pelosi dengan pembatalan menit-menit terakhir rencana Pelosi untuk menumpangi pesawat angkatan udara ke Afghanistan, dengan alasan shutdown.

"Karena shutdown, saya terpaksa memberitahukan Anda bahwa perjalanan Anda ke Brussels, Mesir, dan Afghanistan telah ditunda. Kami akan menjadwalkan kembali tamasya tujuh hari ini ketika shutdown berakhir. Mengingat 800.000 pekerja federal AS tidak menerima gaji, saya yakin Anda akan setuju bahwa menundanya adalah sangat tepat. Saya juga merasa bahwa selama periode ini akan lebih lebih jika Anda berada di Wahington, bernegosiasi dengan saya dan bergabung dengan gerakan Strong Border Security untuk mengakhiri shutdown. Jelas, jika Anda ingin bepergian dengan pesawat komersial, itu merupakan hak prerogatif Anda," ungkap Trump dalam suratnya kepada Pelosi.

Sekitar 800.000 karyawan federal dan lebih banyak lagi kontraktor pemerintah terkena dampak shutdown, yang dipicu oleh penolakan Trump untuk menandatangani pendanaan bagi sejumlah kementerian.

Itu merupakan balasan atas penolakan Demokrat, yang mengendalikan DPR, untuk menyetujui anggaran pembangunan dinding perbatasan AS-Meksiko.

Trump pekan lalu membatalkan keikutsertaannya di Davos. Dia juga menjadikan shutdown sebagai alasannya. (The Straits Times)

Sponsored
Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid