sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Trump resmi tarik seluruh pasukan militer AS dari Suriah

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk menarik mundur pasukan militer dari Suriah.

Sukirno
Sukirno Rabu, 19 Des 2018 22:37 WIB
Trump resmi tarik seluruh pasukan militer AS dari Suriah

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk menarik mundur pasukan militer dari Suriah.

Dilansir Washington Post, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan keputusan itu pada Rabu (19/12) waktu setempat. Pejabat yang enggan disebutkan namanya itu menyebut keputusan penarikan mundur tentara AS akan segera diumumkan.

Keputusan penarikan pasukan dari Suriah telah diputuskan pada Selasa (18/11). Trump dipastikan akan menarik lebih dari 2.000 pasukan AS di Suriah.

Presiden Trump telah lama berjanji untuk mengakhiri perang melawan negara-negara Islam. Trump juga mempertanyakan nilai misi militer yang mahal dan berbahaya di luar negeri tersebut.

Padahal, pasukan AS yang bekerja bersama pasukan militer Suriah sebagai mitra, telah berjuang untuk memberantas sisa-sisa militan di Suriah Tengah. 

Keputusan penarikan pasukan secara tiba-tiba ini diperkirakan akan menimbulkan pertanyaan tentang apakah militan lebih mudah mendapatkan kembali kekuatan mereka.

Gerakan Gedung Putih yang tidak diharapkan datang saat ketegangan meningkat tajam dengan sekutu NATO (The North Atlantic Treaty Organization) Turki. 

Negara pimpinan Recep Tayyip Erdogan ini bakal meluncurkan serangan militer terhadap pasukan mitra AS di Suriah. Turki menyebut, mitra AS itu sebagai bagian dari kelompok teroris Kurdi.

Sponsored

Pejabat AS itu menegaskan, penarikan pasukan Negeri Paman Sam di Suriah akan dilakukan sesegera mungkin. The Wall Street Journal pertama kali melaporkan pada Rabu (19/12) bahwa pasukan AS akan dipindahkan dari timur laut Suriah.

Berita Lainnya