logo alinea.id logo alinea.id

Trump tunda kenaikan tarif atas produk China

Peningkatan bea masuk atas barang-barang China dari 10% menjadi 25% dimaksudkan mulai berlaku pada 1 Maret.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 25 Feb 2019 09:41 WIB
Trump tunda kenaikan tarif atas produk China

Donald Trump pada Senin (25/2) mengumumkan, dia akan menunda pengenaan tarif pada barang-barang China. Trump juga mengungkap rencana untuk bertatap muka dengan Presiden China Xi Jinping di resor pribadinya, Mar-a-Lago, untuk membungkus perjanjian perdagangan. 

Peningkatan bea masuk atas barang-barang China dari 10% menjadi 25% dimaksudkan mulai berlaku pada 1 Maret.

Pengumuman tersebut disampaikan Trump via Twitter.

"Sebagai hasil dari pembicaraan yang sangat produktf ini, saya akan menunda kenaikan tarif Amerika Serikat yang dijadwalkan pada 1 Maret. Dengan asumsi kedua belah pihak membuat kemajuan tambahan, kami akan merencanakan pertemuan bagi Presiden Xi dan saya di Mar-a-Lago untuk menyimpulkan perjanjian," tulis Trump.

Dalam twitnya, Trump mengutip kemajuan substansial dalam pembicaraan perdagangan dengan China. Itu merujuk pada isu struktural penting termasuk perlindungan kekayaan intelektual, transfer teknologi, pertanian, jasa, mata uang, dan sejumlah persoalan lainnya.

Pengumuman Trump datang saat dia tengah bersiap bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hanoi, Vietnam, pada 27-28 Februari. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa dalam KTT kedua ini, Trump akan fokus untuk mendapatkan langkah yang dapat diverikasi menuju denuklirisasi. 

Sebelumnya, pada Minggu (24/2), Trump mentwit tentang peran penting China dalam KTT AS-Korea Utara. Dia menulis, "Presiden China Xi Jinping telah sangat membantu dalam mendukung pertemuan saya dengan Kim Jong-un ... Sanksi yang dikenakan di perbatasan oleh China dan Rusia sangat menolong."

Sponsored

Dari Ruang Oval, Gedung Putih, pada Jumat (22/2), Trump juga mengumandangkan optimisme yang sama tentang negosiasi perdagangan dengan China. Dia memprediksi ada peluang yang sangat baik bahwa AS dan China akan mencapai kesepakatan perdagangan.

Trump juga menyatakan bahwa jika ada kemajuan substansial yang telah dibuat, maka tidak menutup kemungkinan dia akan memperpanjang negosiasi hingga satu bulan.

Negosiasi antara AS-China terakhir berlangsung di Washington setelah pembicaraan sebelumnya di Beijing berakhir tanpa kesepakatan. Tidak ada rincian yang diungkapkan terkait kesimpulan pertemuan teranyar.

Sejumlah sumber mengatakan kepada CNBC pada Jumat lalu bahwa China telah berkomitmen untuk membeli barang-barang AS hingga US$1,2 triliun. Namun, belum ada kemajuan dalam isu kekayaan intelektual.

Beijing dan Washington telah mengenakan bea lebih dari US$360 miliar dalam perdagangan dua arah. Itu membebani sektor manufaktur mereka dan mengguncang pasar keuangan global. (CNN dan BBC)

Hellboy: Film superhero dengan banyak lubang

Hellboy: Film superhero dengan banyak lubang

Sabtu, 20 Apr 2019 19:01 WIB
 Prabowo dan halusinasi kuasa

Prabowo dan halusinasi kuasa

Kamis, 18 Apr 2019 20:53 WIB