logo alinea.id logo alinea.id

Tujuh WNI jadi korban jembatan ambrol di Taiwan

Ambrolnya jembatan tersebut terjadi pada Selasa (1/10) pukul 09.30 waktu setempat.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Rabu, 02 Okt 2019 08:59 WIB
Tujuh WNI jadi korban jembatan ambrol di Taiwan

Musibah runtuhnya sebuah jembatan di Kota Nanfangao, Yilan, Taiwan, pada Selasa (1/10) pukul 09.30 waktu setempat mengakibatkan tujuh WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) menjadi korban.

"Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei telah mengirimkan tim ke lokasi kejadian dan mendapat informasi terdapat empat WNI ABK yang mengalami luka-luka dan tiga WNI ABK yang hilang, diduga terjebak diantara reruntuhan," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha pada Selasa malam

KDEI Taipei terus memberikan bantuan kepada para WNI yang terluka dan berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk pencarian korban WNI yang masih hilang.

Rekaman yang beredar memperlihatkan detik-detik jembatan tunggal setinggi 140 meter itu runtuh dan menimpa setidaknya tiga perahu nelayan dan satu kapal tanker minyak yang sedang berlayar di bawah jembatan. Demikian seperti dilansir Antara, Rabu (2/10).

Sponsored

Kapal tanker yang tertimpa reruntuhan jembatan itu pun langsung terbakar.

Namun, pihak berwenang di Taiwan hingga saat ini belum mengetahui penyebab keruntuhan jembatan yang dibangun pada 1998 itu.

Menteri Perhubungan Taiwan Lin Chia-lung menyatakan bahwa penyelidikan segera dilaksanakan untuk mengetahui penyebab runtuhnya jembatan tersebut.