sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Turki cabut pemblokiran Wikipedia

Turki memblokir ensiklopedia daring tersebut pada 29 April 2017.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 16 Jan 2020 12:01 WIB
Turki cabut pemblokiran Wikipedia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Pengadilan rendah di Ankara, Turki, pada Rabu (15/1), memutuskan untuk mencabut pemblokiran terhadap Wikipedia setelah pada Desember 2019, Mahkamah Konstitusi mengatakan bahwa larangan tersebut melanggar kebebasan berekspresi.

Putusan MK untuk mencabut pemblokirkan didasarkan pada keputusan Mahkamah Eropa untuk Hak Asasi Manusia, Dewan Eropa, dan PBB tentang kebebasan internet dan berekspresi. MK menggarisbawahi bahwa Wikipedia memiliki jutaan pengguna dan membantu mereka mengakses informasi.

"Atas alasan tersebut, disimpulkan bahwa keputusan memblokir akses ke situs Wikipedia tidak sesuai dengan persyaratan tatanan sosial yang demokratis," jelas putusan MK yang terbit pada 26 Desember.

Turki memblokir ensiklopedia daring tersebut pada 29 April 2017 setelah menemukan sejumlah artikel Wikipedia menuduh pemerintahnya membantu kelompok teroris.

Pemblokiran tersebut membuat Turki menjadi satu-satunya negara di dunia selain China yang sepenuhnya memblokir akses ke Wikipedia.

Putusan MK pada Desember menyebutkan bahwa setelah pemblokiran diberlakukan, pemerintah Turki tidak menginvestigasi atau menggelar dengar pendapat terkait informasi kontroversial yang ditemukan di sejumlah artikel Wikipedia.

Tidak lama setelah pemblokiran, organisasi induk Wikipedia, Wikimedia Foundation pada Mei 2017 mengajukan banding terhadap larangan tersebut ke MK Turki.

Akses bagi situs itu akan pulih setelah putusan MK disampaikan dan ditinjau ulang oleh Otoritas Teknologi Informasi dan Komunikasi Turki. (Reuters dan Anadolu)

Sponsored
Berita Lainnya