sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Turki kecam aksi ludahi Quran di Norwegia

Turki akan terus melawan gerakan fasis dan rasialis.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 31 Agst 2020 19:38 WIB
Turki kecam aksi ludahi Quran di Norwegia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Pemerintah Turki pada Minggu (30/8) mengutuk keras aksi merobek Quran dalam demonstrasi di Norwegia yang diorganisir oleh kelompok anti-Islam. Turki menyebut tindakan tersebut tidak menghormati kitab suci Islam.

Dalam protes anti-Islam pada Sabtu (29/8) di Ibu Kota Oslo yang digelar oleh kelompok sayap kanan, Stop the Islamization of Norway (SION), seorang pengunjuk rasa merobek halaman-halaman Quran dan kemudian meludahinya.

Menanggapi kejadian tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Turki pada Minggu menyatakan bahwa mereka berharap tindakan seperti itu dapat dicegah dan tidak terulang kembali.

Kemlu Turki menegaskan, pemerintah akan terus melawan gerakan fasis dan rasialis. Turki meminta politikus dan otoritas Eropa untuk menanggapi masalah ini dengan serius.

Sponsored

Lebih lanjut, Kemlu Turki menyatakan, tindakan semacam itu telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di negara-negara Skandinavia.

Sebelumnya, pada Jumat (27/8), aktivis sayap kanan di Malmo, Swedia, melakukan aksi pembakaran Quran. Tindakan tersebut juga mendapat kecaman keras dari pemerintah Turki. (Anadolu Agency)

Berita Lainnya