sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Turki repatriasi 5 pejuang teroris asing ke Jerman

Sejumlah negara Eropa telah menentang upaya Turki untuk memulangkan anggota ISIS, namun Ankara bergeming.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 04 Des 2019 18:10 WIB
Turki repatriasi 5 pejuang teroris asing ke Jerman

Pada Selasa (3/12), Kementerian Dalam Negeri Turki menyatakan, pihaknya memulangkan lima pejuang teroris asing (foreign terrorist fighters/FTF) asal Jerman.

Kemendagri Turki menyebut, kelima warga Jerman itu dikirim kembali ke negara asal mereka sebagai bagian dari upaya Ankara merepatriasi FTF yang ditahan di Turki.

"Repatriasi FTF ke negara asal mereka terus berlanjut," bunyi pernyataan Kemendagri Turki.

Kemendagri Turki tidak merinci lebih lanjut terkait kelompok teroris mana yang berafiliasi dengan lima orang tersebut. Dalam beberapa bulan terakhir, Turki sedang menggencarkan program pengiriman para anggota ISIS kembali ke negara-negara asal mereka.

Sponsored

Sejumlah negara Eropa telah menentang upaya Turki untuk memulangkan anggota ISIS. Mereka mendesak agar para tersangka diadili di tempat mereka melakukan kejahatan. Namun, pemulangan tersebut tetap dilakukan Ankara.

Turki mengakui ISIS sebagai kelompok teroris pada 2013. Sejak itu, Ankara telah berkali-kali dihantam teror yakni 10 pengeboman bunuh diri, tujuh pengeboman, dan empat serangan bersenjata yang secara total menewaskan 315 orang dan melukai ratusan lainnya.

Menanggapi serangan-serangan tersebut, Turki meluncurkan operasi antiteror di dalam dan luar negeri. Mereka membunuh 3.500 angota ISIS dan menangkap 5.500 lainnya. (Anadolu Agency)