sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ucapan Presiden Argentina soal 'istri korup' bikin marah Spanyol

Milei tidak akan meminta maaf, kata juru bicaranya dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Argentina pada Minggu malam.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 20 Mei 2024 20:01 WIB
Ucapan Presiden Argentina soal 'istri korup' bikin marah Spanyol

Spanyol memanggil duta besarnya untuk Argentina guna berkonsultasi pada hari Minggu. Pemanggilan ini dilakukan setelah Presiden Argentina Javier Milei melontarkan komentar yang menghina istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dalam unjuk rasa sayap kanan di Madrid.

Milei menyebut istri Sanchez, Begona Gomez, "korup" dalam rapat umum di Madrid yang diselenggarakan oleh partai sayap kanan Vox dan dihadiri oleh banyak sekutu internasionalnya.

Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares mengatakan dia mengharapkan permintaan maaf dari Milei.

Menteri-menteri lain juga mengecam pidato Milei, yang menggambarkan sosialisme sebagai "terkutuk dan bersifat karsinogenik". Sanchez memimpin Partai Sosialis Spanyol.

“Dengan perilakunya, Milei telah membawa hubungan antara Spanyol dan Argentina ke kondisi paling serius dalam sejarah,” kata Albares dalam pernyataan video.

Milei tidak akan meminta maaf, kata juru bicaranya dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Argentina pada Minggu malam. Pejabat Spanyol harus mencabut penghinaan yang mereka lakukan terhadapnya, tambahnya.

Kunjungan Milei melanggar protokol diplomatik karena ia menolak bertemu dengan Raja Spanyol Felipe dan Sanchez, dan malah lebih memilih untuk mempromosikan bukunya bersama pemimpin Vox Santiago Abascal di rapat umum partai.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan dalam sebuah postingan di aplikasi pesan sosial X bahwa “serangan terhadap anggota keluarga pemimpin politik tidak memiliki tempat dalam budaya Eropa”.

Sponsored

Partai oposisi utama Spanyol, Partai Rakyat (PP) yang konservatif, menolak mendukung sikap Madrid, dan sumber partai mengatakan bahwa Sanchez seharusnya memberikan penjelasan tentang dugaan kasus korupsi tersebut beberapa minggu lalu.

“Diamnya dia menimbulkan keraguan internal, tapi juga ketidakpercayaan di luar negeri,” kata sumber PP, seraya menambahkan bahwa tugas partainya adalah menentang pemerintah Spanyol dan bukan Milei.

Pengadilan kota mengatakan pada bulan April bahwa mereka sedang menyelidiki tuduhan penyelundupan pengaruh dan korupsi bisnis terhadap istri Sanchez, yang diajukan dalam pengaduan pribadi oleh Manos Limpias, atau Clean Hands, sebuah kelompok aktivis antikorupsi.

Namun, otoritas kejaksaan Madrid kemudian mengatakan pihaknya mengajukan banding untuk membatalkan kasus tersebut karena kurangnya bukti.

Sanchez memutuskan untuk tetap menjabat setelah lima hari mempertimbangkan masa depannya setelah penyelidikan terhadap istrinya diumumkan.(indiatoday)

Berita Lainnya
×
tekid