sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Uni Eropa akan buka perbatasan bagi turis dari 14 negara

Eropa menutup perbatasan sejak Maret setelah Covid-19 merebak.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 30 Jun 2020 16:12 WIB
Uni Eropa akan buka perbatasan bagi turis dari 14 negara
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 63749
Dirawat 30834
Meninggal 3171
Sembuh 29105

Uni Eropa merilis daftar 14 negara yang warganya dinilai aman untuk melintasi perbatasan mereka sejak 1 Juli. Amerika Serikat, Brasil, dan China tidak terdapat dalam daftar tersebut.

Warga dari 14 negara yang diperkenankan melintasi perbatasan Uni Eropa mencakup Australia, Kanada, Jepang, Maroko, dan Korea Selatan. Disusul Aljazair, Australia, Georgia, Montenegro, Maroko, Selandia Baru, Republik Rwanda, Serbia, Thailand, Tunisia, dan Uruguay.

Seorang diplomat Uni Eropa menyebut, warga China akan diizinkan masuk ke Eropa dengan catatan mencabut larangan perjalanan serupa.

Larangan perjalanan antarnegara anggota Uni Eropa dicabut pada Juni, sejak tingkat infeksi coronavirus baru (Covid-19) di "Benua Biru" mulai menurun. Sementara itu, aturan untuk pelancong dari Inggris dibahas secara terpisah dalam negosiasi Brexit.

Sponsored

Warga Inggris harus diperlakukan dengan cara yang sama seperti warga negara Uni Eropa sampai akhir periode transisi Brexit, 31 Desember 2020.

Uni Eropa akan meresmikan daftar negara-negara serta kriteria untuk menilai negara mana yang aman atau tidak, Selasa (30/6). Daftar tersebut akan ditinjau setiap dua minggu dan disesuaikan dengan perkembangan Covid-19 di masing-masing negara.

Eropa menutup perbatasan sejak Maret setelah Covid-19 semakin merebak di kawasan. (BBC)

Berita Lainnya