sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Utusan PBB nilai Myanmar terancam perang saudara

Utusan PBB untuk Myanmar memohon kepada DK PBB untuk bertindak dalam meredakan ketegangan di Myanmar.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 01 Apr 2021 14:21 WIB
Utusan PBB nilai Myanmar terancam perang saudara
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Utusan PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener, memohon Dewan Keamanan (DK) PBB mengambil tindakan dalam menindaklanjuti krisis politik yang meningkat di Myanmar.

Burgener memperingatkan, ada risiko terjadinya perang saudara dan pertumpahan darah yang lebih besar karena junta militer semakin keras berusaha memberantas protes antikudeta.

Lebih dari 520 orang tewas dalam demonstrasi sejak militer menggulingkan pemimpin terpilih, Aung San Suu Kyi, pada 1 Februari. 

"Saya meminta DK PBB untuk mempertimbangkan semua cara yang tersedia untuk mengambil tindakan kolektif dan melakukan apa yang benar, yang layak didapatkan rakyat Myanmar," ungkap Burgener dalam sebuah sesi tertutup, Rabu (31/3).

Burgener mengatakan, dia tetap terbuka untuk mengadakan dialog dengan junta militer.

Namun, dia menekankan, situasi di lapangan hanya akan semakin memburuk jika DK PBB hanya menunggu militer siap berdialog.

Barbara Woodward, utusan PBB dari Inggris, yang meminta diadakannya pertemuan itu, mengatakan, PBB secara satu suara mengecam kekerasan di Myanmar.

Dirinya menambahkan, DK PBB kini sedang mendiskusikan serangkaian tindakan yang dapat dilakukan.

Sponsored

Meski begitu, China, negara anggota DK PBB yang dianggap sebagai salah satu sekutu utama Myanmar, telah menolak penerapan sanksi terhadap negara itu.

"Tekanan sepihak dan menerapkan sanksi hanya akan memperburuk ketegangan, konfrontasi, serta semakin memperumit situasi," tutur utusan China untuk DK PBB, Zhang Jun, dalam pertemuan pada Rabu.

Sesi khusus tersebut dilakukan setelah tim hukum Suu Kyi pada Rabu pagi mengatakan, pemimpin yang digulingkan itu tampaknya dalam keadaan sehat meskipun ditahan selama dua bulan.

Suu Kyi tidak terlihat di depan umum sejak digulingkan. Salah satu anggota tim hukumnya, Min Min Soe, dipanggil ke kantor polisi di Ibu Kota Naypyidaw untuk melakukan pengarahan secara video dengannya.

Sejauh ini, Suu Kyi menghadapi serangkaian tuntutan pidana dan hukuman yang bisa membuatnya dilarang menjabat seumur hidup.

Kudeta dan tindakan junta militer Myanmar telah memicu kecaman internasional.

Inggris menyerukan pertemuan darurat setelah militer secara dramatis meningkatkan penggunaan kekuatan mematikan terhadap pengunjuk rasa selama akhir pekan lalu.

Dalam eskalasi kekerasan lainnya, militer Myanmar pada akhir pekan lalu melancarkan serangan udara pertama di Negara Bagian Karen dalam 20 tahun terakhir. 

Penyerangan itu terjadi setelah kelompok pemberontak merebut pangkalan militer, menimbulkan kekhawatiran akan kembalinya konflik bersenjata di Myanmar.

"Kekejaman militer terlalu parah dan banyak pejuang etnis bersenjata mengambil sikap oposisi yang jelas, meningkatkan kemungkinan perang saudara pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Burgener.

Dia menegaskan, kegagalan mencegah eskalasi ketegangan di Myanmar hanya akan merugikan kawasan dan dunia.

Sebelumnya, sekelompok anggota parlemen yang digulingkan dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), partai yang dipimpin Suu Kyi, menyatakan, akan membentuk pemerintahan sipil baru pada minggu pertama April. (France 24)

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya