sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Vaksinasi di NSW Australia alami penurunan intensitas

Sejauh ini, sekitar 46% populasi orang dewasa di negara bagian tersebut telah divaksinasi lengkap, di atas rata-rata nasional 42%.

Elmo Julianto
Elmo Julianto Senin, 13 Sep 2021 14:28 WIB
Vaksinasi di NSW Australia alami penurunan intensitas

Pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) Australia mengatakan pada Senin (13/9), kecepatan vaksinasi Covid-19 telah melambat, karena cakupan dosis pertama mendekati 80% dan mendesak warga yang belum divaksinasi untuk segera mendapatkan suntikan atau berisiko kehilangan kebebasan ketika pembatasan dilonggarkan.

Perdana Menteri Gladys Berejiklian telah berjanji untuk melonggarkan beberapa pembatasan bagi 8 juta penduduk negara bagian itu setelah tingkat vaksinasi dua dosis mencapai 70%, dan diperkirakan berlaku sekitar pertengahan bulan depan. Sejauh ini, sekitar 46% populasi orang dewasa di negara bagian tersebut telah divaksinasi lengkap, di atas rata-rata nasional 42%.

"Bagi Anda yang memilih untuk tidak divaksinasi, itu adalah pilihan Anda, tetapi jangan berharap untuk melakukan semua yang dilakukan orang yang divaksinasi ketika kita mencapai 80%," kata Berejiklian pada konferensi pers di Sydney.

"Tingkat vaksinasi kami terus meningkat, namun ada sedikit penurunan. Jadi kami mendorong semua orang untuk maju dan mendapatkan vaksinasi."

Beberapa pembatasan dilonggarkan untuk penduduk yang divaksinasi penuh di Sydney mulai Senin, 13 September 2021. Lima orang akan diizinkan untuk bertemu di luar, sementara anggota dari keluarga yang sama di 12 pinggiran Kota Sydney yang paling terpukul dapat berkumpul di luar selama dua jam.

Australia berjuang keras untuk mengendalikan wabah varian Delta yang sangat menular dari coronavirus jenis baru yang dimulai di Sydney pada Juni dan menyebar ke Melbourne dan Canberra, membuat hampir setengah dari populasi 25 juta orang, terpaksa mengikuti aturan Lockdown. Ibu kota negara bagian lainnya, memiliki sedikit atau nol kasus.

Peningkatan infeksi yang stabil telah meningkatkan optimisi dari pemerintah federal untuk mendapatkan pasokan vaksin darurat. Tambahan 1 juta dosis Moderna (MRNA.O) telah dibeli dari Uni Eropa pada Minggu (12/9), sementara kesepakatan pertukaran vaksin dengan Inggris dan Singapura dilakukan selama dua minggu terakhir

Kepala satuan tugas vaksinasi pemerintah federal Letnan Jenderal John Frewen mengatakan, akan ada cukup vaksin mulai pertengahan Oktober untuk menyuntik sepenuhnya setiap orang yang memenuhi syarat. Upaya vaksinasi Covid-19 diperluas pada Senin untuk mencakup sekitar satu juta anak berusia 12-15 tahun.

Sponsored

Perusahaan biotek Australia CSL (CSL.AX), yang secara lokal memproduksi vaksin Covid-19 AstraZeneca (AZN.L), mengatakan kasus positif terdeteksi pada fasilitasnya di Melbourne tetapi produksi tidak akan terganggu.
Total kasus Covid-19 di Australia mencapai sekitar 75.300, termasuk 1.098 kematian, meskipun tingkat kematian dalam wabah terbaru lebih rendah dari tahun lalu.

Sebanyak 1.257 kasus baru terdaftar di New South Wales pada Senin, sementara negara tetangga Victoria melaporkan 473 infeksi baru, kenaikan satu hari terbesar untuk 2021.

 

Sumber : Reuters

Berita Lainnya