sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Vietnam catat kematian pertama akibat Covid-19

Vietnam hanya mencatat 546 kasus infeksi sejak pandemi merebak secara global.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 01 Agst 2020 12:36 WIB
Vietnam catat kematian pertama akibat Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 135123
Dirawat 39290
Meninggal 6021
Sembuh 89618

Vietnam pada Jumat (31/7) telah mencatat fatalitas pertama akibat coronavirus jenis baru. Korban meninggal merupakan pria berusia 70 tahun dari Kota Hoi An.

Sementara itu, kematian kedua yang dilaporkan pada Jumat sore, diidentifikasi sebagai seorang pria berusia 61 tahun. Menurut media lokal, kedua pasien Covid-19 yang meninggal memiliki penyakit mendasar.

Vietnam, negara berpopulasi sektiar 95 juta, hanya mencatat 546 kasus infeksi sejak pandemi merebak secara global.

Tidak seperti banyak negara lain, pemerintah Vietnam bertindak cepat dengan menutup perbatasannya lebih awal bagi semua pelancong, kecuali bagi warga mereka yang hendak pulang. Siapa pun yang memasuki Vietnam wajib menjalani karantina di fasilitas pemerintah selama 14 hari dan rutin mengikuti uji Covid-19.

Untuk beberapa saat, pendekatan pemerintah dinilai sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus. Hal tersebut terbukti dari tidak adanya transmisi lokal baru sejak pertengahan April.

Vietnam dibanjiri pujian dari komunitas internasional atas tanggapan cepatnya dalam menahan penyebaran virus secara nasional. Namun, awal pekan ini datang berita bahwa kasus-kasus lokal baru ditemukan di resor populer, Kota Da Nang.

Usai kejadian di Da Nang, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc memperingatkan setiap provinsi dan kota untuk meningkatkan kewaspadaan mereka.

"Kami harus bertindak lebih cepat dan bekerja keras untuk mencegah penyebaran virus," tutur PM Nguyen. (BBC)

Sponsored
Berita Lainnya