sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Vietnam usulkan KTT ASEAN berlangsung secara tatap muka

Belum ada keputusan pasti mengenai penyelenggaran KTT karena pembahasan masih terus berlangsung.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 03 Jun 2020 18:24 WIB
Vietnam usulkan KTT ASEAN berlangsung secara tatap muka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares mengatakan bahwa Vietnam mengusulkan agar KTT ke-36 ASEAN diselenggarakan secara tatap muka.

"Vietnam sebagai Ketua ASEAN pada 2020 menyampaikan usulan penyelenggaraan KTT ke-36 di Da Nang secara face to face pada 27-28 Juni," jelas Jose dalam pengarahan media secara virtual pada Rabu (3/6).

Namun, dia menyatakan bahwa belum ada keputusan pasti mengenai penyelenggaran KTT karena pembahasan masih terus berlangsung.

"Kita masih membicarakan apakah akan diselenggarakan secara face to face atau sebaiknya via konferensi video saja," kata dia.

Jose menuturkan, terdapat beragam pandangan di ASEAN, ada yang mendukung pertemuan diadakan secara tatap muka, tetapi ada juga yang mendukung penyelenggaraan KTT secara virtual.

"Ada beberapa yang mendukung KTT digelar secara virtual mengingat pada saat ini kita di tengah pandemik Covid-19," ujar dia. "Sebagian berpikir lebih baik jika diselenggarakan melalui konferensi video daripada hadir secara fisik. Pertemuan tatap muka mengandung risiko karena para kepala negara diminta bepergian ke Vietnam."

Dia menjelaskan bahwa kemungkinan dalam beberapa hari mendatang keputusan bersama baru akan diumumkan setelah seluruh pihak mencapai konsensus.

Rangkaian acara KTT ke-36 ASEAN yang dijadwalkan oleh Vietnam sebagai ketua mencakup pertemuan pleno antara para pemimpin negara, pertemuan tingkat menteri bidang keamanan politik dan ekonomi, serta pertemuan tingkat pejabat tinggi negara.

Sponsored

"Agenda KTT nanti khusus internal ASEAN, jadi tidak ada pertemuan ASEAN Plus Three atau East Asian Summit yang berhubungan dengan mitra kita," lanjut Jose.

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya