sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wakil AS sambut baik kerja sama Taliban evakuasi warga AS

Amerika Serikat pada hari Jumat memfasilitasi keberangkatan 21 warga negara Amerika dan 11 pemegang Kartu Hijau.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 11 Sep 2021 13:32 WIB
Wakil AS sambut baik kerja sama Taliban evakuasi warga AS

Meski keberadaan pasukan AS secara resmi sudah ditarik dari Afghanistan, namun sejumlah warganya yang tertinggal, masih bisa mereka evakuasi dari negara yang saat ini dikuasai Taliban itu.

Amerika Serikat pada hari Jumat memfasilitasi keberangkatan 21 warga negara Amerika dan 11 pemegang Kartu Hijau, kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken. 

"Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan kami, hari ini kami memfasilitasi kepergian 21 warga negara AS dan 11 Penduduk Tetap (LPR) dari Afghanistan," kata Blinken dalam sebuah pernyataan.

Secara khusus, departemen tersebut membantu dua warga AS dan 11 LPR meninggalkan Afghanistan melalui rute darat, katanya, seraya menambahkan bahwa departemen tersebut memberikan panduan kepada mereka, bekerja untuk memfasilitasi perjalanan mereka yang aman, dan pejabat kedutaan menyambut mereka begitu mereka telah melintasi perbatasan. 

Selain itu, penerbangan charter Qatar Airways lainnya berangkat dari Kabul dengan 19 warga negara AS di dalamnya. Meskipun kami menawarkan kursi kepada 44 warga AS, tidak semuanya memilih untuk bepergian. Kami sangat berterima kasih atas upaya berkelanjutan Qatar dalam memfasilitasi operasi terbatas di Bandara Internasional Kabul dan membantu memastikan keselamatan penerbangan ini, kata Blinken.

Dalam serangkaian tweet, Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad mengatakan bahwa selama tiga hari terakhir, lebih dari 250 warga negara asing, termasuk puluhan warga AS dan penduduk tetap, meninggalkan Kabul tanpa hambatan dalam penerbangan Qatar. Ini positif. Terima kasih kami sampaikan kepada Qatar atas bantuannya memfasilitasi penerbangan ini, dan kami menyambut baik kerja sama Taliban dalam upaya penting ini. Kami akan terus melibatkan pemerintah Qatar, Taliban, dan lainnya untuk memastikan perjalanan yang aman bagi warga kami, warga negara asing lainnya, dan warga Afghanistan yang ingin pergi, kata Khalilzad.

Blinken dalam panggilan telepon dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani menyampaikan apresiasi AS atas bantuan Qatar memfasilitasi perjalanan warga AS, Penduduk Tetap yang Sah, dan lainnya dari Kabul.

 Dia juga memuji Pemerintah Qatar atas upayanya untuk mengevakuasi orang-orang dari Afghanistan dengan aman, dan berterima kasih kepada Menteri Luar Negeri yang menjadi tuan rumah kunjungannya awal pekan ini. Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Emily Horne mengatakan bahwa AS melanjutkan pekerjaan intensif di seluruh pemerintah AS untuk memfasilitasi transit yang aman bagi orang-orang ini dan warga AS lainnya, LPR, dan warga Afghanistan yang telah bekerja untuk AS yang ingin meninggalkan Afghanistan.(news18)

Sponsored
Berita Lainnya