sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

WHO: Vaksin mungkin siap akhir tahun ini

Sembilan vaksin eksperimental sedang disiapkan untuk fasilitas vaksin global COVAX WHO.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Rabu, 07 Okt 2020 10:06 WIB
WHO: Vaksin mungkin siap akhir tahun ini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Vaksin untuk melawan Covid-19 mungkin sudah siap pada akhir tahun, demikian dikatakan WHO, Selasa (6/10). Untuk itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyerukan solidaritas dan komitmen politik dari semua pemimpin untuk memastikan pemerataan vaksin saat tersedia nanti.

“Kami butuh vaksin dan ada harapan bahwa akhir tahun kita punya vaksin. Ada harapan,” kata Tedros dalam sambutan terakhirnya kepada Badan Eksekutif WHO.

Sembilan vaksin eksperimental sedang disiapkan untuk fasilitas vaksin global COVAX WHO, yang bertujuan untuk mendistribusikan dua miliar dosis pada akhir 2021.

Pertemuan dewan yang berlangsung selama dua hari, membahas tanggapan global terhadap pandemi. Mendengar seruan dari negara-negara termasuk Jerman, Inggris, dan Australia agar dilakukan reformasi untuk memperkuat badan PBB tersebut.

Sponsored

Sebelumnya Amerika Serikat Donald Trump telah mengecam keras peran WHO dalam krisis. Menuduh WHO terlalu dekat dengan China dan tidak melakukan cukup banyak untuk mempertanyakan tindakan Beijing akhir tahun lalu ketika virus pertama kali muncul di Wuhan. Namun Tedros menolak perkataan tersebut dan mengatakan agensinya telah memberi informasi kepada dunia.

“Kami berharap mendapatkan pelajaran nyata yang bisa kami terapkan dan mencegah hal yang sama terjadi. Tetapi saya ingin meyakinkan bahwa WHO siap untuk belajar dari ini dan mengubah organisasi ini. Saat transformasi, kami berjanji akan menjaga perubahan itu secara konstan,” katanya mengacu pada programnya sejak menjabat pada 2017.
 

Sumber : Reuters

Berita Lainnya