Gaya Hidup / Kuliner

10 destinasi kuliner terbaik dunia

Bangkok menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 10 kota kuliner terbaik dunia.

10 destinasi kuliner terbaik dunia Ilustrasi / Pixabay

Jalan-jalan dan kuliner merupakan dua hal tak terpisahkan. Sayang rasanya melewatkan sajian lokal yang boleh jadi sama sekali belum pernah Anda cicipi.

Kalau pengalaman kuliner antar daerah di Indonesia saja sudah begitu menarik apalagi antar negara. TripAdvisor, situs wisata terbesar di dunia, pada April lalu merilis daftar kota kuliner terbaik di dunia berdasarkan turis yang memanfaatkan situs mereka.

Tiga kota di Italia masuk dalam peringkat 10 besar, bahkan salah satunya bertengger di posisi pertama.

Menurut situs wisata tersebut, jumlah wisatawan yang merencanakan wisata kuliner semakin banyak. Pemesanan untuk tur kuliner di TripAdvisor sepanjang 2017 dilaporkan meningkat sebesar 61% dibanding tahun 2016.

"Wisatawan semakin tertarik untuk mendapatkan wawasan lokal tentang destinasi yang mereka tuju, dan tur kuliner serta kelas memasak adalah cara yang tepat untuk dilakukan," ujar juru bicara TripAdvisor Laurel Greatrix seperti dikutip dari Huffington Post, Minggu (8/7).

Kota kuliner terbaik di dunia tersebut ditentukan menggunakan volume ulasan, penilaian, dan pemesanan di situs tersebut. Lantas, kota mana saja yang masuk?

1. Roma

Mulai dari hidangan pasta hingga menjelajahi kedai es krim dari waktu ke waktu, Roma menduduki peringkat puncak dalam daftar kota kuliner terbaik di dunia. Ada banyak camilan yang akan membuat Anda datang kembali berkali-kali ke ibu kota Italia ini.

Tur kuliner yang paling banyak diminati di Roma adalah tur saat matahari terbenam di distrik Prati.

2. Florence

Tidak mengherankan jika kota di Italia lainnya, Florence, berada di urutan kedua destinasi kuliner dunia. 

Mercato Centrale di Florence merupakan 'pengalaman belanja utama' di Italia. Dibuka pada tahun 1874, itu merupakan pasar terbuka yang menghadirkan berbagai kedai makanan dan restoran di satu lokasi. Ini bisa jadi destinasi impian para pecinta kuliner!

Tur kuliner yang paling banyak disukai di kota ini adalah kelas memasak dan makan siang di rumah pertanian Tuscan serta tur pasar lokal.

3. Paris

Dari croissant dan espreso di sebuah brasserie (restoran tipikal Prancis) hingga sampel keju dari fromageri (kedai keju), Paris adalah destinasi yang tidak dapat dinegosiasikan bagi para pecinta makanan!

Tur kuliner terfavorit di Paris adalah perjalanan ke Montmartre.

4. Barcelona

Jika Anda bepergian ke Barcelona, Spanyol, pastikan Anda memasukkan Mercat de la Boqueria dalam daftar tempat yang akan dikunjungi. Baik hanya sekadar mencicipi helados (es krim) atau udang merah dari Ramblero, pasar ini tidak akan membuat Anda kecewa!

Tur kuliner yang paling banyak diminati di Barcelona adalah kelas memasak hidangan Spanyol.

5. New Orleans

Menginjakkan kaki di New Orleans, Anda akan terkagum dengan apa yang ditawarkan kota itu. Mulai dari kopi chicory dan beignet bertabur gula hingga di Café Du Monde hingga buffalo shrimp po’boy di Avery's On Tulane. 

Yang paling banyak disukai di kota ini adalah tur kuliner berjalan kaki di French Quarter.

6. New York

Anda akan menemukan gigitan yang menggugah selera di setiap sudut New York, mulai dari restoran bintang Michelin hingga konter makanan biasa. 

Mereka yang suka manis mungkin akan melahap donat dari Dough, sementara bagi penggemar pedas mungkin cocok dengan semangkuk mie panas dari Xi'an Famous Food. 

Yang banyak diminati adalah tur makanan dan budaya Brooklyn yang berdurasi setengah hari.

7. Venesia

Venesia merupakan kota ketiga di Italia yang masuk dalam peringkat ini. Kota ini memiliki sajian lezat bagi setiap orang! 

Para penyuka wine dapat menikmati wine dan sajian makanan laut di al Covo, sementara pemburu pasta dapat merapat ke Ristorante Trattoria Cherubino. 

Tur kuliner Venesia, cicchetti dan wine, merupakan yang paling difavoritkan.

8. Madrid

Jika Anda ke Madrid dengan harapan memuaskan hasrat akan menyantap tapas, maka jangan pernah melewatkan Mercado de San Miguel. Itu merupakan salah satu pasar tertua di Madrid, dan telah menjadi bagian dari pengalaman gastronomi di kota itu.

Tidak hanya tapas, namun Mercado de San Miguel juga merupakan tempat untuk mencicipi banyak hidangan terkenal di Madrid, seperti makanan laut Paella dan wine.

9. Tokyo

Bagi pecinta kuliner, Tokyo merupakan kota yang tidak akan pernah membuat seseorang kelaparan! Selalu ada yang lezat, yang disajikan di ibu kota Jepang ini, bahkan hingga larut malam.

Mulai dari pasar jalanan yang ramai di mana Anda dapat menyantap ikayaki (cumi-cumi panggang) hingga ke restoran kontemporer seperti Butagumi yang menyajikan tonkatsu (irisan daging babi yang dilapisi tepung roti) terbaik! Anda mungkin akan mendapati diri Anda merencanakan wisata kuliner dari waktu ke waktu.

10. Bangkok

Makanan jalanan yang tidak hanya murah, namun lezat mungkin adalah alasan terbesar wisatawan berduyun-duyun datang ke Bangkok. Tidak sulit menemukan makanan enak di ibu kota Thailand ini, namun sempatkan diri Anda untuk menikmatinya di Wang Lang Market dan Damnoen Saduak Floating Market.


Berita Terkait