sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

32 kawasan CFD di Jakarta khusus pesepeda

Arena CFD di Jakarta disebar di 32 titik guna mengurangi kerumunan.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Selasa, 30 Jun 2020 15:30 WIB
32 kawasan CFD di Jakarta khusus pesepeda
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memprioritaskan kawasan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) untuk kawasan bersepeda. Kegiatan digelar setiap pekan dan diadakan di 32 titik.

"Jadi, saat ini namanya adalah 32 kawasan wilayah khusus pesepeda," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta, Syafrin Liputo, Selasa (30/6).

Dirinya beralasan, pesepeda tidak berhenti di satu titik. Sehingga, tak menimbulkan kerumunan dan meminimalisasi risiko penularan coronavirus baru (Covid-19).

"Pesepeda itu dia bergerak terus maju. Kemudian menggukur kecepatannya, apakah mau cepat, lambat, dan sedang. Itu bisa diukur. Tapi, dia tidak berhenti," paparnya.

"Prinsipnya, penggunaaan kawasan khusus pesepeda itu tujuannya adalah agar warga yang ada di sana tidak berhenti, kongko-kongko, kemudian menimbulkan kerumunan," sambung dia.

Meski demikian, masyarakat masih berkenan melakukan kegiatan olahraga lain di kawasan tersebut. Berjalan kaki, misalnya.

Syafrin melanjutkan, Pemprov Jakarta terus berupaya memberikan keleluasaan ruang berolahraga. Tujuannya, menjaga kesehatan dan kebugaran masyakarat.

Lokasi CFD Jakarta kini disebar di 32 titik per Minggu (28/6) karena kegiatan di Jalan Sudirman-MH Thamrin, pekan sebelumnya, disesaki pengunjung. Ini memperbesar potensi penularan SARS-CoV-2.

Sponsored

Berdasarkan evaluasi Pemprov Jakarta, masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan saat beraktivitas di arena CFD. Tidak mengenakan masker, menjaga jarak, dan intens mencuci tangan, misalnya.

Berita Lainnya