sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 amalan yang dapat dilakukan saat datang bulan selama Ramadan

Sebenarnya banyak cara, agar kita tetap ikut merasakan keberkahan bulan yang suci ini.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Selasa, 20 Apr 2021 14:02 WIB
5 amalan yang dapat dilakukan saat datang bulan selama Ramadan

Siapa yang bingung hendak berbuat apa saat datang bulan di Ramadan? Sebenarnya banyak cara, agar kita tetap ikut merasakan keberkahan bulan yang suci ini.

Ini dia lima amalan yang dapat dilakukan saat halangan selama Ramadan yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Bersedekah
Ramadan sebagai bulan penuh berkah, di mana Allah SWT akan melipatgandakan pahala dari amalan yang dilakukan umat-Nya. Untuk para wanita yang sedang haid, bisa melakukan salah satu amalannya yaitu bersedekah.

Banyak cara yang bisa kita lakukan dengan bersedekah, misalnya memberi uang, makanan ataupun memberi nasihat dan memberikan senyuman  kepada sesama.

2. Berzikir dan berdoa
Memang berzikir tak hanya dilakukan saat haid, tetapi alangkah baiknya memperbanyak zikir dan berdoa. Karena saat haid kita lebih banyak waktu untuk berzikir, jadi kita bisa memperbanyak membaca tahmid, tasbih, takbir, dan tahlil.

Para muslimah juga masih bisa mengamalkan doa harian seperti al-Matsurat yang merupakan kumpulan doa harian yang diamalkan oleh Rasulullah.

“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (QS. Al Ahzab: 41-42).

3. Menuntut ilmu
Puasa kali ini bertepatan dengan pandemi yang mana semua orang harus di rumah saja. Nah, para muslimah yang sedang berhalangan, tetap bisa melakukan kajian rutinnya loh tanpa mengurangi pahala.

Sponsored

Tertuang dalam hadist riwayat Ad-Dailami: "Belajarlah ilmu, sesungguhnya belajar ilmu karena Allah adalah suatu bentuk ketakwaan. Mencari ilmu adalah ibadah, menelaahnya adalah tasbih, dan mengkajinya adalah jihad."

4. Membaca Asmaul Husna
Membaca Asmaul Husna juga membuat diri kita semakin dekat dengan Allah SWT. Membaca nama-nama baik Allah SWT, akan senantiasa mengingatkan kita kepada-Nya. Nilai plusnya jika dilakukan di bulan Ramadan, pahala yang didapatkan akan semakin berlipat ganda, masya Allah.

5. Menyiapkan hidangan berbuka
Nabi SAW bersabda: "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga."
Meskipun enggak ikut berpuasa, para muslimah di rumah boleh kok ikut menyiapkan hidangan berbuka. Pasti hidangan yang disajikan rasanya menjadi lebih pas.

Berita Lainnya