sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 referensi kain tradisional untuk kamu bergaya

Kain bermotif asli Indonesia, bisa menjadi referensi kamu dalam bergaya.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Selasa, 23 Feb 2021 11:58 WIB
5 referensi kain tradisional untuk kamu bergaya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Fashion bermotif tradisional sudah cukup banyak digunakan sekarang ini, sekaligus menandakan kecintaan kepada Indonesia. Menariknya, kain bermotif asli Indonesia itu bisa menjadi referensi kamu dalam bergaya. Berikut lima di antaranya:

1. Ulos

Kain ini sudah tidak asing karena sering terlihat, apalagi saat upacara khas Batak. Dominasi warna merah, hitam, dan putih, membuat kain ini terasa hangat dan dianggap unsur penting dalam kehidupan nenek moyang masyarakatnya. Kita dapat mix and match dengan dress simple dan outer ulos tersebut.

2. Songket

Dalam istilah melayu “songket” artinya mengait. Pembuatannya dengan cara mengaitkan kain, dengan kain tenunnya yang menggunakan benang perak dan benang emas. Banyak motif yang dihasilkan seperti motif barantai merah dan barantai putih. Kain ini biasanya sangat cocok dijadikan bawahan seperti kain rok atau modifikasi celana atau kulot.

3. Lurik

Kain yang sering ditemukan di Solo dan Yogyakarta ini, bisa dijadikan blus hingga dress. Karena terbuat dari bahan katun, jadi terasa nyaman serta menampilkan gaya klasik saat memakainya.

4. Tenun ikat

Sponsored

Proses pembuatan yang sangat teliti menjadikan kain ini mahal di pasaran. Kain ini bisa dijadikan outer dengan gaya simple-elegant yang membuat fashion outfit menjadi lebih terlihat mahal.

5. Batik

Batik tulis yang menggunakan kain mori dan digambar menggunakan lilin malam menjadikan batik tersebut terlihat lebih tradisional. Ditambah dengan corak dan motif yang cantik. Jenis batik pun beragam, bisa menggunakan batik bali, batik tegal, dan lain-lain. Serta dapat dipadu dengan berbagai pakaian yang biasa dipakai untuk jalan-jalan santai.

Berita Lainnya

1 tahun penanganan Covid-19: Masih banyak PR

Selasa, 02 Mar 2021 07:11 WIB

Perpres 10/2021 Batasi Peredaran Miras Ilegal

Selasa, 02 Mar 2021 13:00 WIB

1 tahun penanganan Covid-19: Masih banyak PR

Selasa, 02 Mar 2021 07:17 WIB