Gaya Hidup / Seks

6 manfaat berhubungan seks secara teratur

Meski kerap dianggap tabu untuk dibahas, namun faktanya seks memiliki segudang manfaat.

6 manfaat berhubungan seks secara teratur Ilustrasi seks / Pexels

Setiap kali melakukan hubungan seks yang baik, Anda kemungkinan akan mengalami efek campuran emosional dan fisik yang positif, saat berhubungan intim maupun setelahnya.

Bukan hanya perkara orgasme yang terasa luar biasa, namun seks juga membawa manfaat bagi kesehatan Anda.

Selama ini, para peneliti dan terapis seks terus menerus mengumandangkan pujian tentang keistimewaan berhubungan seks secara reluger. Dan ada banyak alasan untuk itu. 

Sejumlah perubahan fisiologis positif terjadi saat seseorang berhubungan intim. Seperti dikutip dari Huffington Post, Kamis (5/7) berikut sejumlah penjelasan bagaimana seks dapat membawa manfaat bagi kehidupan Anda.

1. Memperpanjang umur

Beraktivitas seks secara teratur dapat memperpanjang usia Anda, menurut Sunny Rodgers, seorang seksolog dan terapis seks bersertifikat.

"Setiap kali Anda mencapai orgasme, tubuh Anda melepas DHEA, sebuah hormon yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan, menjaga kulit tetap sehat, dan membuat Anda terlihat lebih muda," jelas Rodgers.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Seks dapat menyebabkan "penurunan rasa sakit dan kecemasan, serta meningkatkan relaksasi dan kesegaran", tutur Rodgers.

Sebagian besar berkat bahan kimia yang dirilis otak saat pasangan berhubungan intim. "Endorfin adalah neurotransmiter yang terkait dengan perasaan bahagia, yang dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dan melawan depresi."

3. Menambah keintiman dengan pasangan 

Sentuhan akan membawa Anda lebih dekat dengan pasangan, baik secara fisik maupun hormonal, jelas Laurie Watson, seorang terapis seks bersertifikat.

"Dalam sebuah hubungan yang berkomitmen, berhubungan seks merilis oksitosin, yakni hormon pengikat di mana Anda akan mereka lebih terhubung dengan pasangan," tutur Watson.

Menurut sebuah studi pada 2017, manfaat hormon pengikat ada selama 48 jam pasca berhubungan seks, sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan dalam jangka panjang.

4. Obat yang baik

Bercinta secara reguler dapat membantu kesehatan fisik Anda melalui berbagai cara.

"Menurut sebuah studi oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Boston University, ejakulasi menurunkan risiko kanker prostat. Ini menjadikan seks sebagai pilihan yang sehat bagi pria," ujar Rodgers. "Orgasme juga menghasilkan oksitosin, yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami dan dapat membantu mengurangi sakit kepala dan nyeri otot."

Selain bermanfaat dalam 'mengikat' Anda dengan pasangan, oksitosin juga dapat menenangkan.

5. Membakar kalori

Meskipun muncul perdebatan soal seberapa banyak kegiatan seks dapat membakar kalori, namun berhubungan intim dinilai masih lebih baik dibanding olahraga lain setelah Anda menjalani hari yang panjang.

"Pasangan membakar sekitar 100 kalori setiap kali mereka berhubungan seks," kata Rodgers. "Jika mereka melakukan seks sekitar tiga kali setiap minggu, mereka dapat membakar lebih dari 15.000 kalori per tahun tanpa perlu mengunjungi tempat kebugaran."

6. Penghilang stres

Orgasme, khususnya, dapat melepaskan banyak ketegangan di seluruh tubuh Anda, kata Watson.

"Saya memiliki seorang pasien wanita yang melakukan hubungan seks tiga kali seminggu selama 12 tahun tanpa orgasme," jelasnya. "Ketika kami mencoba melakukannya dan dia merasakan orgasme, dia mengatakan, 'Wow, Anda benar! Ada begitu banyak stres yang pergi."

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa melakukan hubungan seks setiap hari selama dua minggu dapat menyebabkan pertumbuhan sel di hippocampus, bagian otak yang mengatur suasana hati. Ada juga bukti bahwa perasaan dekat dengan pasangan Anda secara emosional dan fisik dapat menangkal stres dengan mengurangi kadar kortisol (alias hormon stres).

Manfaat seks yang dilakukan secara reguler tidak terbatas, yang dimaksud para pakar adalah berbagai aktivitas seksual yang Anda sukai di mana dapat mendekatkan dengan pasangan dan memberikan manfaat kesehatan.

"Kenikmatan seksual dan seks dapat mencakup ciuman, sentuhan, pemanasan, pijat sensual, tindakan oral, penggunaan produk tertentu, masturbasi bersama, dan banyak lagi," kata Rodgers. "Pasangan harus menjauh dari terpaku pada definisi dan berkonsentrasi pada pengalaman menyenangkan yang mereka ciptakan bersama."