sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

86 destinasi wisata Jateng tutup saat libur tahun baru

Upaya ini untuk mengantisipasi kerumunan dan melonjaknya kasus terkonfirmasi Covid-19.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 29 Des 2020 16:06 WIB
86 destinasi wisata Jateng tutup saat libur tahun baru

Sebanyak delapan daerah di Jawa Tengah (Jateng) menutup operasional seluruh dan sebagian tempat wisata di wilayah selama libur tahun baru. Kebijakan ini dalam rangka meminimalisasi lonjakan kasus Covid-19.

"Kami mengapresiasi langkah itu karena ini untuk menjaga timbulnya klaster baru penularan Covid-19 di tempat-tempat wisata," ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jateng, Sinoeng N. Rachmadi.

Enam daerah yang menyetop operasional seluruh tempat wisata, yakni Rembang (10 lokasi), Purworejo (27 lokasi), Wonogiri (17 lokasi), Kudus (17 lokasi), Jepara (9 lokasi), dan Demak (2 lokasi). 

"Pemalang ditutup sebagian, yakni dari 19 daya tarik wisata, ditutup tiga dan Klaten yang juga ditutup sebagian. Total ada 86 dari 690 daya tarik wisata di Jateng yang ditutup," paparnya. Penutupan dilakukan di lokawisata yang dikelola pemerintah. 

Dirinya meminta pengelola tempat wisata yang masih beroperasi, terutama swasta, menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Masyarakat diminta mengadu jika mengetahui terjadi pelanggaran.

"Silakan melaporkan kami jika menemukan ada destinasi wisata yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak dilakukan pembatasan pengunjung, sarana prasana tidak dipenuhi, dan ketaatan protokol kesehatan diabaikan. Pasti akan kami tindak lanjuti dan dilakukan tindakan tegas berupa penutupan," paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berharap, masyarakat tidak berkerumun dan tetap beraktivitas di rumah saat pergantian tahun. Apalagi, pemerintah provinsi (pemprov) telah melarang berbagai kegiatan perayaan.

“Kepolisian sudah sepakat akan melakukan tindakan tegas jika masyarakat masih melakukan aktivitas yang menimbulkan keramaian itu," tutupnya, menyitir situs web Pemprov Jateng.

Sponsored
Berita Lainnya