sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Zoom hingga Google Hangout aplikasi populer untuk meeting

Lima aplikasi untuk meeting online bagi yang bekerja dari rumah.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Senin, 23 Mar 2020 13:31 WIB
Zoom hingga Google Hangout aplikasi populer untuk meeting
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 527.999
Dirawat 66.752
Meninggal 16.646
Sembuh 441.983

Salah satu mencegah penyebaran pandemi coronavirus atau Covid-19 adalah dengan mengurangi aktifitas yang dilakukan di luar rumah. Maka, sejumlah perusahaan saat ini memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). 

Meskipun tidak dapat bertemu langsung, para pekerja bisa tetap terhubung dengan rekan-rekan kerja melalui berbagai aplikasi video, baik untuk berdiskusi maupun rapat online di tengah kebijakan kerja dari rumah. Peserta rapat online inipun bisa banyak orang sekaligus.

Berbagai aplikasi video tersebut tersedia di platform ponsel android dan iOS. Berikut beberapa aplikasi video untuk rapat online :

  • WhatsApp

Selain untuk chatting, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk rapat kerja dengan fitur video call. Namun, WhatsApp hanya bisa digunakan empat orang saja (termasuk penggguna) untuk melakukan video call dalam satu panggilan.

  • Skype

Aplikasi ini bisa untuk chat dan video secara online yang terintegrasi baik melalui komputer atau versi mobile-nya. Pilih menu New Video Call dan tentukan teman yang sedang online untuk membuka sesi meeting. Aplikasi ini memungkinkan hingga 25 orang bertatap muka secara visual dalam satu panggilan.

  • Zoom Cloud

Aplikasi video online ini bisa melibatlan hingga 100 orang sekaligus. Kamu harus memasukkan meeting ID untuk mengkoneksikan dirimu ke dalam akses meeting online. Namun, ada pula fitur yang memungkinkan pengguna mengundang partisipan berdasarkan nomor telepon hingga surat elektronik atau e-mail.

  • Cisco WebEx

Aplikasi ini bisa diakses secara gratis, namun terbatas hanya sampai tiga peserta di dalamnya. Jika ingin meng-upgrade layanan Cisco untuk menerima anggota lebih dari tiga orang, akan dikenakan biaya berlangganan premium yang bervariasi. Namun jumlah maksimalnya bisa sampai 100 orang.

  • Google Hangouts Meet

Aplikasi ini cukup efektif digunakan untuk meeting online. Pasalnya, Hangouts Meet ini bisa menampung kapasitas partisipan hingga 250 orang dalam satu panggilan. Orang lain juga bisa diundang untuk bergabung dalam sebuah ruangan meeting online dengan memasukkan "Meeting code" yang diberikan oleh penyelenggara percakapan video.

Sponsored
Berita Lainnya