Gaya Hidup / Royal Wedding

Biaya royal wedding ditanggung rakyat, muncul petisi hapus Monarki Inggris

Biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat Kampanye Republik untuk menyerukan penghapusan monarki.

Biaya royal wedding ditanggung rakyat, muncul petisi hapus Monarki Inggris Biaya pernikahan paling besar akan ditanggung oleh pembayar pajak di Inggris./Foto Express.co.uk

Dalam hitungan jam, tontonan media terbesar tahun ini pernikahan kerajaan Pangeran Harry dan Meghan Markle akan berlangsung. Pernikahan bak film Disney ini dipastikan menjadi salah satu pernikahan spektakuler di dunia. Namun terselip pertanyaan, berapa pesta royal wedding tersebut? 

Meghan Markle akan menjadi istri dari Pangeran Harry pada Sabtu mendatang dengan tiara bertatahkan berlian dan kereta gaun sepanjang 21 kaki. Tentu, kemewahaan tersebut tidaklah murah. 

Apabila biaya pernikahan di Inggris rata-rata sekitar US$ 37.000 dan termasuk dalam budget yang besar, dipastikan royal wedding pekan ini bisa lebih dari sepuluh kali lipatnya. Perencana pernikahan mewah yang berbasis di Inggris, Aimee Dunne seperti dikutip CNBC bahkan memperkirakan pernikahan tersebut mencapai US$ 2,7 juta, namun biaya tersebut belum termasuk biaya keamanan pernikahan. Bersama dengan biaya keamanan diperkirakan bisa mencapai US$ 40,1 juta untuk keamanan pengantin dan para tamu yang hadir. 

Lalu berapa rincian biayanya? Begini rinciannya: 

Makanan dan minuman : US$ 680.000 

Dengan jumlah 600 tamu menghadiri resepsi makan siang dan makan malam. Plus tambahan 2.640 tamu yang berasal dari publik akan diberikan teh dan camilan panas di lahan Windsor Castle. Akan ada banyak sampanye dan wiski untuk Harry, diperkirakan anggaran untuk makanan dan minuman bisa mencapai seperempat dari total anggaran. 

Lokasi Glass marquee: US$ 400.000 

Sebenarnya, pangeran dan calon duchess tidak perlu mengeluarkan uang untuk tempat pernikahan. Umumnya, pernikahan kerajaan dilakukan di Kapel St. George dan Great Hall, namun para bangsawan rupanya lebih suka melaksanakan pernikahannya di Glass Marquee yakni tenda kaca yang pernah digunakan adik dari Kate Middleton yakni Pippa Middleton. 

Pakaian: US$ 270.000

Markle akan memakai pakaian yang dirancang oleh Ralph & Russo, desainer asal London yang merupakan perancang pakaian bintang tersohor seperti: Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie dan Beyonce. Sepertinya, Markle mengikuti jejak teman-teman aktrisnya kembali menggunakan jasa Ralph & Russo yang sebelumnya merancang gaun pertunangan Markle. 

The Telegraph melaporkan bahwa gaun yang dikenakan seharga US$ 135.000, tetapi Dunne menyebut harganya bisa lebih mahal mencapai US$ 270.000 yang memang telah sesuai standar untuk pernikahan kerajaan. Markle akan menggunakan pakaian berbeda pada malam hari. Sementara, Harry akan memakai pakaian yang harganya lebih murah. 

Bunga: US$ 130.000 

Mengingat ukuran dan skala pernikahan, toko bunga akan menghiasi Kastil Windsor dan terlihat menjadi mahal. Dekorasi bunga harus terlihat mewah meski terbilang boros. 

Anggaran lain yang belum tercatat

Musik yang akan mengiringi royal wedding akan dipimpin oleh Direktur musik Kapel St. George, James Vivian. Termasuk Paduan Suara Kapel St. George dan sejumlah grup paduan suara, pemain solo dan musisi. 

Sejauh ini, Karen Gibson dan The Kingdom Choir dan pemain cello berusia 19 tahun, Sheku Kanneh-Mason, dikonfirmasi akan menghibur para tamu pernikahan. Rumor yang beredar penyanyi: Elton John, Spice Girls, Ed Sheeran dan Adele juga dikabarkan akan tampil. 

Nah, dari seluruh anggaran tersebut siapa yang membayarnya? Tentu Keluarga Kerajaan telah mengumumkan bahwa merekalah yang membayar seluruh aspek inti pernikahan. Rinciannya, kebaktian gereja, musik, bunga, dekorasi dan resepsi. Bahkan Markle disebut akan membayar gaun pengantinnya dari kantong pribadinya. 

Hanya saja, biaya yang  lebih besar harus dikeluarkan justru dibayar oleh rakyat Inggris. Bridebook, perencana pernikahan memperkirakan dari seluruh biaya di atas yang ditanggung oleh Keluarga Kerajaan tapi biaya keamanan di luar tanggungan. 

Diperkirakan biaya keamanan paling menguras kantong. Menggunakan fasilitas keamanan kelas wahid dengan biaya diperkirakan mencapai US$ 40 juta, akan banyak penembak jitu dan sistem keamanan kontra UAV. Plus, ribuan petugas polisi yang berjaga dalam acara tersebut. Sebelumnya, pernikahan Pangeran William dan Duchess of Cambridge membuat masyarakat Inggris membayar sekitar US$ 27 juta pada tahun 2011. 

Biaya mahal tersebut tentu membawa masalah baru bagi Inggris. Dalam kondisi perekonomian dengan pertumbuhan ekonomi melambat, belum lagi pengaruh Inggris keluar dari Uni Eropa atau Brexit yang dapat menggoncang ekonomi negara Ratu Elizabeth tersebut membuat kelompok kampanye Republik menyerukan penghapusan monarki.

Kelompok tersebut bahkan mengumpulkan lebih dari 30.000 tanda tangan untuk sebuah petisi yang menyerukan kepada pemerintah untuk mengungkapkan berapa banyak uang pembayar pajak yang akan dihabiskan untuk pernikahan. Mereka menilai bahwa pembayar pajak seharusnya tidak membiayai pernikahan pribadi, tidak peduli siapa yang akan menikah.

Sekalipun negara mendapat pemasukan dengan banyaknya turis yang datang untuk menyaksikan royal wedding, namun upacara tersebut tidak setara dengan apa yang harus dikeluarkan rakyat Inggris.