sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bioskop Indiskop gelar festival film online

Indiskop menggagas sebuah program online bertajuk “Indiskop Festival” yang terus memajukan industri kreatif dan perfilman di Indonesia.

Firda Cynthia
Firda Cynthia Kamis, 25 Jun 2020 07:57 WIB
Bioskop Indiskop gelar festival film online
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 252923
Dirawat 58788
Meninggal 9837
Sembuh 184298

Indiskop menggagas sebuah program online bertajuk “Indiskop Festival” yang terus memajukan industri kreatif dan perfilman di Indonesia.

Indiskop merupakan program inspiratif yang disuguhkan kepada masyarakat luas melalui program-program online sebagai respons sosial dan kreatif terhadap pandemi Covid-19.

Festival Indiskop ini akan diisi dengan rangkaian film dan seputar dunia kreatif seperti, short film competition, film classes, social enterpreneurship class, talkshow, film screening. Festival berlangsung pada 26 Juni-31 Agustus 2020.

Inisiator Festival Indiskop Marcella Zalianty, mengatakan festival ini dirancang agar para generasi baru di industri kreatif dan perfilman memiliki ruang untuk tumbuh dan berekspresi, belajar langsung dengan para ahlinya, dan menjadi ajang untuk menunjukan karya yang autentik di dunia perfilman.

“Kami mendorong pertumbuhan SDM (sumber daya manusia) di industri kreatif. Film-filmnya masih dalam kurasi, tetapi kami akan memilih esensi dari keberagaman dan ke-Indonesia-an karena akan bersamaan dengan hari kemerdekaan,” jelas Marcella dalam konferensi pers pada Rabu (24/6).

Ketua Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) Hikmat Darmawan, menyambut positif pergelaran Indiskop Festival. Ia menilai, perbioskopan dan kegiatan perfilman masih terpusat di DKI Jakarta, sehingga hadirnya program-program perfilman secara online memungkinkan produk film dapat diakses oleh banyak kalangan. 

Hikmat menambahkan, akses terhadap bioskop masih sering terhalang, misal letak rumah yang jauh dari kota dan dari bioskop. Sehingga, perlu adanya sebuah konsep memberi akses bioskop kepada masyarakat atau biskop rakyat.

“Konsep biskop rakyat ini bisa jadi lebih baik. Sebab, menonton juga merupakan budaya membaca diri sendiri lewat film,” ujar Hikmat.

Sponsored

Dalam rangkaian acara Indiskop Festival, akan ada kelas-kelas online yang diselenggarakan meliputi kelas akting, kelas penyutradaraan, kelas produksi film, kelas penulisan skenario, kelas storytelling, kelas kewirausahaan sosial.

Selain itu juga terdapat Talkshow Indistalk. Indistalk merupakan program bincang-bincang online yang bebas diakses siapa saja secara gratis melalui Instagram atau YouTube Live Indiskop. Festival ini berpuncak pada acara Indisscreening yang memutar film pemenang Indiskop Online Film Competition dan film yang terkurasi.

Film-film tersebut bertemakan kebangsaan sejalan dengan perayaan HUT RI. Tema kompetisi Online Film Competition ini sendiri yaitu “Dari Rumah untuk Indonesia”. 

Namun, rangkaian acara yang diakses secara online ini hanya mengandalkan akses internet. Sehingga, berpotensi adanya kesenjangan bagi kalangan yang terbilang sulit untuk mengakses internet secara canggih.

Melihat permasalahan ini, Marcella mengatakan misi dari acara ini berusaha menjawab bagaimana orang-orang tetap produktif dan kreatif meski semua hal sebisa mungkin hanya dikerjakan dari rumah. Mengenai akses internet yang merata, ia menilai bahwa hal itu juga harus didukung oleh kebijakan pemerintah yang strategis.

“Kalau kami misinya ingin membangun dan melengkapi ekosistem perfilman dan memberi ruang kepada para generasi baru untuk tumbuh dan berekspresi. Juga didukung dengan bagaimana pemerintah dapat memperluas akses internet kita,” katanya pada siang itu. 

Berita Lainnya
×
img