logo alinea.id logo alinea.id

Buka bersama ala piknik di selatan Jakarta 

Beragam makanan yang bikin adem lidah dan perut bisa disantap sambil lesehan di rerumputan.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Senin, 13 Mei 2019 06:05 WIB
Buka bersama ala piknik di selatan Jakarta 

Usai merampungkan pekerjaan kantornya di daerah Jakarta Pusat, Agung Kurniawan langsung mengebut kendaraan roda empatnya menuju ke sebuah kafe kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (10/5) sore itu. Walaupun sempat dihadang kemacetan, rasa kesal buyar saat Agung tiba di tempat yang ia tuju. 

Kafe Gordi HQ menjadi tempat pilihan Agung dan kelima rekannya untuk berbuka puasa sekaligus melepas kepenatan setelah seharian bekerja. Hijaunya kafe yang beralamat lengkap di di Jalan Jeruk Purut Dalam nomor 25 itu memang terkesan cepat bikin adem kepala.  

"Selain senang karena dapat berkumpul lagi dengan teman-teman lama, suasana di kafe ini juga ngebayar kegondokan hati saya waktu kejebak macet," papar Agung saat berbincang dengan Alinea.id. 

Agung mengatakan, baru kali itu dia bisa berbuka di tempat yang 'layak'. Sejak mulai bekerja tahun ini, Agung hampir selalu berbuka di jalan raya dengan sebotol produk teh dingin atau teh hangat. "Setengah jam mampir di warung atau rumah makan, lanjut jalan pulang," tuturnya. 

Namun, kali itu berbeda. Suasana kafe yang sejuk, dipenuhi rerumputan hijau, lampu-lampu berkelip, menambah keceriaan buka puasa Agung dan kawan-kawan. Agung bahkan mengibaratkan suasana Gordi HQ seperti selasar rumahnya sendiri. 

"Saya sama teman-teman mutusin buat buka puasa di sini, ya, karena suasana ini. Kapan lagi buka puasa rasa piknik," ujarnya. 

Hal serupa dirasakan oleh rekan Agung, Riris Sabrina (24). Riris mengaku menyukai Gordi HQ karena homie dan sejuk. Apalagi, menurut Riris, saat ini sulit untuk mencari tempat piknik yang adem dan hijau di Ibu Kota. 

“Kafe ini memang enak kalau dibuat ngumpul-ngumpul sama teman atau sahabat, ya. Keluarga juga bisa. Suasananya itu lho, pas banget. Tidak bising juga karena ada pilihan tempat di alam terbuka seperti di taman sambil lesehan di karpet. Benar-benar kayak piknik gitu," jelas Riris.

Sponsored

Selain ketenangan, Gordi HQ juga menyajikan kesegeran karena memiliki sudut piknik yang asyik. Angin segar, bau harum kopi, dan pemandangan hijau menyatu seketika saat lesehan beralas tikar dan menyantap hidangan.

Meskipun kerap dikategorikan sebagai tempat makan, Gordi HQ pada mulanya adalah sebuah coffee shop. Berbagai jenis biji kopi berkualitas tersaji dalam barisan menunya. Biji-biji kopi spesial dengan treatment khusus dan berstandar tinggi mereka sajikan. 

Namun, bagi yang tidak menyukai kopi, beragam menu lainnya disiapkan pengelola kafe. Gordi HQ juga menyediakan beragam minuman segar seperti varian teh dan jus. Ada juga menu pendamping seperti nachos, cheese cake, croissant, dan picnic basket

Teks di salah satu bidang dinding Gordi HQ menunjukkan pada mulanya kafe itu dirancang sebagai coffee shop. Alinea.id/Fadli Mubarak

Ramadan Iftar 

Bertepatan dengan Ramadan kali ini, Gordi HQ bahkan menyediakan menu khusus untuk pengunjung yang ingin berbuka puasa bersama di sana. Menurut Head Bar Gordi HQ, Ara, kafe yang ia kelola menyediakan menu 'Ramadan Iftar' sejak 17.00 WIB hingga 21.00 WIB.

“Khusus menu ini, spesial kita susun untuk buffet-nya. Sebagian besar makanan dalam menu ini tidak ada di menu core ala carte kita. Lewat waktu yang sudah ditetapkan, menu kami akan berubah seperti biasa lagi,” ungkap Ara.

Menu 'Ramadan Iftar' yang disajikan Gordi HQ tergolong beragam, mulai dari makanan khas Asia hingga kuliner western. Menurut Ara, menu Gordi disesuaikan dengan selera publik pada masa Ramadan, yakni makanan yang ramah di perut dan lidah. 

Namun demikian, Ara mengatakan, pengunjung harus jeli mengingat menu favoritnya di Gordi saat Ramadan. Pasalnya, menu Gordi berganti saban harinya selama Ramadan. 

Pada Senin misalnya, Gordi bakal menyediakan menu berbuka berupa nasi putih, grilled beef with mushroom sauce, spicy dory, kungpao chicken, sauteed broccoli, egg fried rice, bakso, gorengan, es buah, kurma, dan teh manis.

Lalu pada Selasa, Gordi menyajikan nasi putih, beef mushroom, dory creamy pasta, griilled chicken with sweet spicy sauce, sauteed baby packcoy, fried rice anchovy, bakso, gorengan, es buah, kurma, dan teh manis. Meskipun menu utama selalu berganti, biasanya gorengan dan es buah selalu hadir menjadi pemantik selera berbuka. 

Untuk paket selengkap itu, bisa dikata Ramadan Iftar ala Gordi cukup bersahabat bagi dompet. Pada hari biasa, pengunjung cukup merogoh kocek Rp175.000/pax, sedangkan di akhir pekan harganya naik sedikit menjadi Rp 195.000/pax. 

“Biasanya, di bulan Ramadan ini, sejak kami buka pukul 16.00 WIB sudah ramai pengunjung. Kebanyakan mereka (adalah) orang-orang kantor, reuni, dan keluarga,” ujar Ara.

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Minggu, 26 Mei 2019 02:15 WIB
Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Sabtu, 25 Mei 2019 11:56 WIB