logo alinea.id logo alinea.id

Buka Festival Palang Pintu, Anies didampingi Cak Imin

Festival Palang Pintu tahun ini merupakan yang ke-14.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 27 Apr 2019 13:46 WIB
Buka Festival Palang Pintu, Anies didampingi Cak Imin

Festival Palang Pintu digelar di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Festival yang berlangsung selama dua hari, mulai 27 April 2019 hingga 28 April 2019 ini menghadirkan ragam kebudayaan Betawi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Festival Palang Pintu bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Cak Imin datang sebagai tokoh masyarakat Kemang. Anies pun mengapresiasi festival ini karena bisa rutin digelar setiap tahun.

“Kita senang sekali masyarakat Betawi membuat terobosan yang sekarang jadi kebiasaan di Kemang. Begitu jadi kebiasaan, insyaallah nanti jadi kebudayaan,” kata Anies yang membuka Festival Palang Pintu di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4).

Anies pun menyampaikan agar budaya Betawi tidak hanya dilestarikan, tetapi dikembangkan, sehingga terus menerus menghasilkan terobosan dan kebaruan.

“Kebudayaan jangan dilestarikan saja, nanti akan jadi museum. Kita berharap kegiatan seperti ini akan banyak peserta, kita ingin kebudayaan Betawi bukan hanya milik orang tua,” ujar Anies.

Anies pun berencana menjadikan wilayah Kemang sebagai sentra kegiatan wisata, terutama kuliner.

“Kita berharap nantinya dengan adanya penataan jalan, dia bisa menjadi salah satu pusat kegiatan kebudayaan juga. Di mana itu, di trotoar kita akan menjadi salah satu tempat ekspresi budaya. Karena di sini nantinya akan mengedepankan untuk pejalan kaki,” kata Anies.

Festival Palang Pintu sudah digelar sejak 2006 lalu. Helatan kali ini, merupakan yang ke-14 digelar.

Sponsored