sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cara Sri Mulyani atur waktu agar tetap sehat

Baik Menkeu maupun bukan Menkeu, manusia tetap memiliki 24 jam dalam sehari.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 18 Jul 2020 16:38 WIB
Cara Sri Mulyani atur waktu agar tetap sehat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 527.999
Dirawat 66.752
Meninggal 16.646
Sembuh 441.983

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memiliki cara tersendiri untuk mengatur waktunya, agar pikiran dan kesehatannya tetap terjaga, di tengah kesibukannya sebagai Menteri Keuangan. Hal tersebut disampaikan pada bincang santai di Instagram bersama Kemenkeu.

Sama seperti masyarakat lainnya, kata Sri, manusia memiliki tanggung jawab waktu yang berbeda-beda. Menurutnya, baik Menkeu maupun bukan Menkeu, manusia tetap memiliki 24 jam dalam sehari.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini pun merasakan, dirinya harus bisa memelihara kesehatan pikiran dan badannya. Sebab, kedua hal tersebut sangat memengaruhi bagaimana dirinya melihat dan merespons berbagai masalah.

"Nasihatnya klasik, yang penting cukup waktu untuk istirahat atau tidur," ujar Sri Mulyani, Sabtu (18/7).

Sri Mulyani mengakui memiliki kebiasaan sejak mahasiswa untuk tidur sedikit saja, yaitu lima atau enam jam. Menurutnya, tidur lima jam saja bagi Sri Mulyani sudah cukup, dari standar kesehatan yang harusnya tujuh jam.

"Kemudian makan yang baik, istirahat yang baik. Untuk mengelola kegelisahan, pikiran, dan berbagai banyak isu yang ditangani, kita harus jaga ketenangan diri dulu," ujarnya.

Di luar waktu tersebut, Sri Mulyani mengatakan selama periode Work From Home (WFH), selalu menyempatkan diri untuk berolahraga. Olahraga tersebut setidaknya dilakukan tiga kali dalam seminggu.

"Paling tidak olahraga tiga kali dalam seminggu. Kadang-kadang dua kali atau kalau sibuk satu kali," tuturnya.

Sponsored

Dirinya juga melakukan yoga untuk menjaga vitalitas dan mengatur pernafasan. Selain olahraga, Sri Mulyani menekuni hobinya, dari membaca buku hingga bermain gitar yang telah lama tidak dimainkan. 

Berita Lainnya