sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Yuk, tetap hemat pengeluaran saat belanja groceries dengan cara ini

Tujuh cara sederhana agar tetap hemat.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Sabtu, 13 Mar 2021 14:59 WIB
Yuk, tetap hemat pengeluaran saat belanja groceries dengan cara ini

Suka kalap dan sedih melihat jumlah yang harus dibayar saat groceries shopping? Yuk, mulai menghemat pengeluaran dengan tujuh cara sederhana ini!

Groceries shopping bagi setiap orang merupakan aktivitas seru yang ditunggu, tetapi juga kerap mengkhawatirkan. Alasannya tak lain karena mudah tergoda alias lapar mata saat belanja sehingga membuat pengeluaran jadi membengkak.

Padahal, kegiatan ini merupakan agenda rutin dan penting untuk memenuhi kebutuhan selama beberapa waktu berikutnya. Oleh karena itu, terutama jika Anda masih sering kalap saat groceries shopping, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar pengeluaran tetap hemat.

Buat dan bawa daftar kebutuhan yang harus dipenuhi

Selalu buat daftar barang-barang apa saja yang Anda butuhkan. Ada baiknya pula jika Anda bahkan membuatnya dalam bentuk skala prioritas sehingga dapat sekaligus mengevaluasi keperluan dan kondisi sebenarnya. Jangan lupa, setelah membuatnya, pastikan Anda juga membawanya saat akan berbelanja, ya!

Sesuaikan value produk dengan keperluan

Tidak masalah jika beberapa barang yang Anda pilih dibanderol dengan harga tinggi. Namun, hal tersebut perlu dicermati apakah memang value yang dimiliki produk tersebut layak dengan harga yang ditawarkan sekaligus keperluan Anda. Hindari membeli barang-barang mahal hanya karena tren—apalagi gengsi—yang tidak berdampak signifikan terhadap kualitas hidup Anda.

Cari diskon atau voucher spesial

Sponsored

Nyatanya memang banyak diskon dan voucher spesial yang bisa Anda manfaatkan untuk groceries shopping. Lewat fitur PayLater Traveloka misalnya, Anda dapat menikmati berbagai penawaran voucher dan potongan harga hingga ratusan ribu rupiah untuk berbagai produk seperti sayuran, daging, seafood, dan lainnya.

Makan sebelum berbelanja

Makan sebelum berbelanja adalah tips untuk menghemat yang bagi sebagian orang masih belum disadari. Ada banyak studi yang telah membuktikan hal ini. Riset dari Huffpost misalnya, menunjukkan bahwa saat lapar, Anda akan mengalami desakan untuk memiliki sesuatu selain yang dibutuhkan.

Manfaatkan program cicilan dengan bijak

Bukan masalah jika Anda ingin melakukan apply kartu kredit online untuk mempermudah berbagai keperluan dengan kemudahan pembayaran. Di samping itu, kartu kredit online juga tak kalah banyak memberi penawaran menarik untuk aktivitas berbelanja Anda. Walau begitu, tentu saja, pastikan Anda tetap menggunakannya secara bijak agar tak menimbulkan masalah finansial di penghujung waktu.

Berbelanja di waktu agak mepet

Semakin sempit waktu yang Anda miliki untuk berbelanja, semakin sedikit pula kesempatan Anda untuk melihat-lihat produk lain di luar daftar belanja yang telah ditetapkan. Berbelanjalah di waktu yang cukup mepet—di interval rutinitas, beberapa saat sebelum toko tutup, di luar akhir pekan, dan sebagainya.

Ingat kebutuhan lainnya

Groceries bukan satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk menjalani hari-hari. Anda masih perlu membayar keperluan lain seperti listrik, asuransi kesehatan, tagihan telepon, internet, bahkan hingga keperluan untuk liburan demi menyeimbangkan kepuasan batin.

Itulah tujuh cara #JujurGunaBanget yang dapat Anda lakukan untuk tetap hemat saat groceries shopping. Kalau bisa tetap memenuhi kebutuhan dengan optimal tanpa bikin kantong jebol, kenapa harus pilih yang sebaliknya, kan?

Berita Lainnya