sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cyndi Lauper berbicara soal hak perempuan di MTV VMA 2021

Meski hanya singkat, ucapan Lauper, nyatanya sangat kuat dan melekat pada penggemar.

Clarissa Ethania
Clarissa Ethania Senin, 13 Sep 2021 13:49 WIB
Cyndi Lauper berbicara soal hak perempuan di MTV VMA 2021

Tidak hanya hadir sebagai musisi dalam ajang penghargaan musik saja, beberapa musisi yang hadir di MTV Music Awards 2021, pada Minggu (12/9) waktu setempat, menggunakan kesempatan berpidato mereka untuk membahas hak-hak perempuan.  

Misalkan saja penyanyi legendaris Cyndi Lauper, yang menyampaikan pesan penting mengenai hak perempuan dalam pidato singkatnya, sebelum memberikan penghargaan (trophy moonman) kepada Justin Bieber, Daniel Caesar, dan Giveon melalui lagu "Peaches” yang telah memenangkan best pop song.

Dalam pidato singkatnya Lauper merenungkan kemenangannya di VMA pertama pada 1984 untuk 'Girls Just Want to Have Fun' dan menghubungkan judul lagu dengan masalah hak-hak perempuan saat ini.

“Ya, perempuan masih ingin bersenang-senang, tetapi kami juga ingin memiliki dana, gaji yang sama, dan kontrol atas tubuh kami. Anda tahu, hak-hak dasar,” kata Lauper di Barclays Center di Brooklyn, New York, Minggu (12/9).

Dalam sebuah wawancara dengan Rachel Smith dari ET, Lauper pun membagikan kenangannya akan musiknya yang hits pada zamannya. Ia merefleksikan menjadi juara untuk wanita dan memastikan video musik 'Girls Just Want to Have Fun' mewakili "semua gadis." 

"Saya bekerja sangat keras untuk membuat 'Girls Just Want to Have Fun' mewakili semua gadis, sehingga semua gadis bisa melihat diri mereka sendiri," katanya. "Saya ingin menangkap itu, dan saya harus mengatakan, kami adalah mesin kecil yang bisa. Saya meraih tujuh penghargaan tahun itu, tidak memenangkan satu pun," ujarnya.
"[Tetapi] saya ada di sana, dan saya harus membuat seni pertunjukan ini," kenangnya lagi. 

Meski hanya singkat, ucapan Lauper, nyatanya sangat kuat dan melekat pada penggemar. Bahkan tidak sedikit dari para penggemarnya yang turut mendukung perkataan Laurer dan membaginya ke media sosial mereka seperti Twitter dan Instagram.

Selain Cyndi Lauper, ada pula Billie Eilish. Musisi yang tengah naik daun ini pun turut berbicara mengenai hak-hak perempuan, khususnya para perempuan muda. Sesaat setelah penerimaan trophy/piala penghargaan Video for Good di MTV VMAs 2021 dari salah satu idolanya, Avril Lavigne, Billie Eilish pun mulai menyampaikan pidato singkatnya. 

Sponsored

Mengambil pesan dari lagunya Your Power, penyanyi-penulis lagu itu menyatakan bahwa ada kebutuhan untuk melindungi wanita muda. 

"Jika saya ingin mengatakan sesuatu tentang lagu ini, saya merasa seperti mencoba menulis lagu ini untuk waktu yang sangat lama dan akhirnya saya melakukannya," kata Eilish. 

"Kita perlu melindungi wanita muda dengan cara apa pun, dan kita semua juga harus ingat bahwa semua memiliki kekuatan dan harus ingat untuk tidak menyalahgunakannya," tambahnya.

 

Sumber: ETonline & Republicworld

Berita Lainnya