sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Daftar pemain Inggris dari masa ke masa yang gagal penalti

Inggris kembali memperpanjang rekor buruknya dalam adu penalti. Mimpi jadi kampiun di Euro 2020, kembali harus disudahi.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 12 Jul 2021 06:15 WIB
Daftar pemain Inggris dari masa ke masa yang gagal penalti

Inggris kembali memperpanjang rekor buruknya dalam adu penalti. Mimpi jadi kampiun di Euro 2020, kembali harus disudahi, setelah di final mereka ditekuk Italia lewat drama adu penalti.

Penampilan Three Lions yang menjanjikan dalam 15 menit awal babak pertama akhirnya hanya tinggal cerita. Gol Luke Shaw saat babak pertama baru berjalan 2 menit kurang, tidak cukup untuk menebus mimpi Inggris mengangkat trofi di Wembley. 
Ambisi dan eforia untuk mengakhiri puasa gelar selama 55 tahun ternyata mentok. Fans Inggris kembali harus melewati hari demi hari dan pekan yang berat karena rasa patah hati. 

Entah bagaimana Gareth Southgate menyiapkan timnya menghadapi Italia dan skenario adu penalti. Yang jelas, pemilihan pemainnya dinilai jadi salah satu faktor Inggris kandas lagi.

Untuk menengok kembali catatan kelam Inggris di titik putih, berikut adalah nama-nama pemain yang gagal saat menjadi eksekutor di laga krusial yang akhirnya memupuskan impian Inggris.


Piala Dunia 1990  : Semi final vs Jerman Barat 
Pemain yang gagal : Chris Waddle, Stuart Pearce

Piala Euro 1996   : semi final vs Jerman 
Pemain yang gagal : Gareth Southgate 

Piala Dunia 1998    : perempat final vs Argentina 
Pemain yang gagal : David Batty dan Paul Ince 

Piala Euro 2004      : perempat final vs Portugal
Pemain yang gagal : David Beckham dan Darius Vassell 

Sponsored

Piala Dunia 2006    : perempat final vs Portugal
Pemain yang gagal : Frank Lampard, Steven Gerrard, J.Carragher 

Piala Euro 2012      : perempat final vs Italia 
Pemain yang gagal : Ashley Cole, Ashley Young

Piala Euro 2020      : final vs Italia 
Pemain yang gagal : M Rashford, J. Sancho, B. Saka

Inggris hanya sekali menang dari adu penalti ketika Euro 1996 di babak perempat final vs Spanyol. Rekor penalti Inggris di laga penting turnamen internasional tercatat 7 kekalahan dan satu kali kemenangan. 

Kali ini mereka kembali mengulangi prestasi yang terburuk ketika adu penalti dengan tiga pemain yang gagal. Ini seperti ketika Inggris menghadapi Portugal di perempat final Piala Dunia 2006.

Berita Lainnya