sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Fantastis, gadis TK menyelamatkan diri dengan tenang dari kebakaran

Sebuah video viral dari insiden tersebut menunjukkan gadis itu menemukan panci di dapur telah terbakar dan dengan cepat menutupi api.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 12 Nov 2022 10:15 WIB
 Fantastis, gadis TK menyelamatkan diri dengan tenang dari kebakaran

Aksi seorang gadis berusia empat tahun di Cina selatan yang terkepung kebakaran di rumahnya mendapat banyak pujian di media sosial. Pasalnya, ia tidak panik dan membuat panggilan darurat untuk menyelamatkan dirinya dan adik perempuannya.

Gadis yang tidak disebutkan namanya, dari Nanning di wilayah otonomi Guangxi Zhuang, mengejutkan keluarganya ketika dia bertindak cepat untuk melindungi saudara perempuannya ketika kebakaran terjadi di dapur rumah mereka, lapor Beijing Youth Daily.

Sebuah video viral dari insiden tersebut menunjukkan gadis itu menemukan panci di dapur telah terbakar dan dengan cepat menutupi api. Dia kemudian berlari ke ruang tamu dan menelepon saluran bantuan darurat China.

Ketika dia menghubungi operator, dia mengangkat suaranya untuk memanggil kata "pemadam kebakaran" dan kemudian dengan tenang memberi tahu operator apa yang terjadi.

"Bisakah Anda membuka pintu untuk keluar dari rumah Anda?" Operator terdengar bertanya dalam video.

"Tidak, saya tidak bisa membuka pintu. Nenek saya menguncinya, dan saya tidak tahu bagaimana membukanya," jawab gadis itu.

Merasa tak berdaya untuk sesaat, gadis itu mulai menangis, tetapi dengan cepat mendapatkan kembali ketenangannya dan menghibur adik perempuannya yang tertekan.

Dia kemudian menjelaskan asal api kepada operator; neneknya telah meninggalkan kompor sebelum dia meninggalkan rumah dan mengunci pintu di belakang.

Sponsored

Gadis itu kemudian memberi operator alamat rumahnya.

"Tolong bantu kami," lanjut gadis itu.

"Oke, kami datang," kata operator.

Setelah menyelesaikan panggilan dengan operator, gadis itu membawa saudara perempuannya ke kamar tidur di mana dia menggunakan selimut untuk memblokir celah di sekitar pintu untuk menghentikan asap memasuki ruangan.

Dia kemudian pindah ke dekat jendela yang terbuka untuk meminimalkan menghirup asap dan menunggu bantuan datang.

"Bersama dengan saudara perempuan saya, kami berdiri di sini di samping jendela untuk mencari udara segar," kata gadis itu.

Setibanya di sana, petugas pemadam kebakaran berlari ke dapur dan segera memadamkan api.

Diwawancarai dengan orang tuanya setelah kejadian tersebut, gadis itu menjelaskan bahwa dia awalnya diliputi kepanikan sebelum mengingat pelajaran guru taman kanak-kanaknya tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

"Guru saya bilang kita harus melakukan panggilan darurat saat ada kebakaran," katanya.

Pemikiran cepat dan sikap tenang gadis itu selama keadaan darurat menyenangkan dan menginspirasi media sosial Tiongkok.

Satu orang berkomentar: "Dia bahkan tahu untuk memblokir celah di bawah pintu, bravo."

Yang lain menulis: "Saya tersentuh oleh gadis berkepala dingin."

"Betapa fantastis! Dia pasti jauh lebih tenang dariku," kata yang lain.

"Taman kanak-kanak perempuan itu juga pantas mendapat pujian, karena memiliki guru yang luar biasa," tulis orang lain.(asiaone)

Berita Lainnya
×
tekid