sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ginseng korea penghambat infeksi saluran pernapasan 

Sejumlah bukti ilmiah bukti ilmiah dari uji klinis juga terus mendokumentasikan khasiat ginseng dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Ghalda Anisah
Ghalda Anisah Selasa, 25 Agst 2020 07:42 WIB
Ginseng korea penghambat infeksi saluran pernapasan 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama di tengah penyebaran Covid-19 yang menyebar di seluruh dunia, ginseng korea menjadi pilihan terbaik. Dikutip dari PR Newswire, ginseng korea merupalan produk asli Korea Selatan yang diakui di dunia atas kualitas yang baik. Sejumlah bukti ilmiah bukti ilmiah dari uji klinis juga terus mendokumentasikan khasiat ginseng dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Manager The Korea Ginseng Association Jang, menjelaskan, hasil studi yang dilakukan melalui kerja sama antara Geumsan International Gingseng, Herb Reseatch Institute, dan Jeonbuk National University Hospital menyatakan, gingseng korea berkhasiat menghambat laju penularan penyakit pernapasan akut.

Studi tersebut melibatkan beberapa orang dewasa berusia 39 hingga 65 tahun untuk mengonsumsi ekstrak ginseng korea sebanyak 324 mg tiga kali dalam sehari, atau setara dengan 972 mg per hari selama 12 minggu. 

Uji coba tersebut menghasilkan kadar jangkitan pernapasan dengan persentase 25% lebih rendah berbandingan kadar dalam kumpulan plasebo. Keparahan symptom sebesar 41% lebih rendah dalam kumpulan uji coba. Tempoh symptom seperti sakit tekak, hidung tersumbat, batuk, dan sakit kepala memiliki persentase 69% lebih singkat. 

Sponsored

Jang menyatakan, dunia semakin tertarik dengan ginseng korea setelah studi klinis ini diliris, serta tren tersebut mendorong penjualan ginseng korea. 

“Konsumsi ginseng korea akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan sejumlah penyakit saluran pernapasan yang menular” papar Jang dalam keterangan tertulis, Senin (24/8). 

Hal tersebut dikarenakan bahan aktif yang banyak terdapat dalam akar ginseng, ginsenoside, meningkatkan sistem imun badan, serta mencegah virus yang masuk kedalam tubuh. Selain itu ginseng yang dipanen antara September hingga November memiliki akar yang lebih tebal sehingga paling banyak mengandung ginsenoside. 

Berita Lainnya

Maksud Jokowi baik, ajak cinta produk lokal

Sabtu, 06 Mar 2021 15:13 WIB

Geez & Ann, cerita cinta remaja yang puitis

Minggu, 07 Mar 2021 18:34 WIB