sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gugatan Adidas tersungkur di pengadilan

Juri menemukan desain garis paralel rumah mode itu tidak mungkin menyebabkan kebingungan konsumen dengan produk Adidas.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 13 Jan 2023 20:16 WIB
Gugatan Adidas tersungkur di pengadilan

Adidas berhadapan di pengadilan dengan perancang busana New York Thom Browne terkait desain garis. Hasilnya? raksasa apparel olahraga Jerman itu harus mengakui kalah.

Juri di Manhattan mengatakan Adidas sebagai penggugat telah gagal menunjukkan Thom Browne telah melanggar merek dagang tiga garis khas Adidas.

Juri menemukan desain garis paralel rumah mode itu tidak mungkin menyebabkan kebingungan konsumen dengan produk Adidas.

Thom Browne berpendapat bahwa, antara lain, desainnya memiliki jumlah garis yang berbeda dan garis adalah elemen desain yang umum untuk pakaian.

Pakaian olahraga desainer menampilkan empat garis paralel yang membungkus lengan atau kaki celana pendek dan sweter.

Adidas menggugat merek tersebut pada tahun 2021, mengklaim pola garis empat batang dan "Grosgrain" pada sepatunya dan pakaian aktif kelas atas melanggar hak merek dagang tiga garisnya.

Perusahaan Jerman tersebut telah mengajukan lebih dari 90 tuntutan hukum dan menandatangani lebih dari 200 perjanjian penyelesaian sejak 2008 terkait dengan merek dagang tersebut, menurut dokumen pengadilan dalam kasus tersebut.

Thom Browne sebelumnya menggunakan desain tiga garis pada pakaiannya, mengubahnya menjadi desain empat garis setelah Adidas mengajukan keberatan pada tahun 2007.

Sponsored

Seorang juru bicara Adidas mengatakan perusahaan kecewa dengan keputusan juri tetapi akan "terus menegakkan kekayaan intelektual Adidas dengan hati-hati, termasuk mengajukan banding yang sesuai".

Seorang juru bicara Thom Browne Inc mengatakan perusahaan senang dengan putusan tersebut.

Rumah mode mengatakan kebingungan antara desain perusahaan tidak mungkin terjadi karena mereka "beroperasi di pasar yang berbeda, melayani pelanggan yang berbeda, dan menawarkan produk mereka dengan harga yang sangat berbeda".

Menurut pengajuan di pengadilan, Adidas telah merencanakan untuk meminta juri untuk ganti rugi lebih dari USS$7,8 juta, ditambah ganti rugi tambahan dan potongan penjualan Thom Browne yang menggunakan desain garis tersebut.

Adidas juga meminta perintah pengadilan untuk menghentikan Thom Browne menggunakan desain tersebut.(sky)

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid