sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hari Kopi Internasional, yuk kenali manfaatnya

1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Internasional.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Sabtu, 03 Okt 2020 07:54 WIB
Hari Kopi Internasional, yuk kenali manfaatnya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 377.541
Dirawat 63.576
Meninggal 12.959
Sembuh 301.006

Semua makanan lezat di dunia memiliki satu hari spesial yang didedikasikan untuk mereka. Ada Hari Pizza Nasional, Hari Keju dan Roti Internasional, Hari Cokelat Internasional, dan 1 Oktober kemarin diperingati sebagai Hari Kopi Internasional.

Organisasi Kopi Internasional meluncurkan hari kopi di tanggal tersebut, dan untuk pertama kalinya diperingati pada 2015 di Milan. Bahkan, jauh sebelum ditetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kopi Internasional, banyak negara seperti Amerika Serikat, Taiwan, Nepal, dan Indonesia telah merayakan hari kopi.

Biji kopi yang diolah menjadi minuman dan dapat disuguhkan baik panas maupun dingin ini ternyata sudah lama popular di seluruh dunia. Penyebutan kopi dapat ditemukan dalam literatur sejarah sejak 800 Masehi.

Kopi ternyata dapat memberikan energi positif, menghangatkan tubuh, menyegarkan mata, dan membuat Anda tetap terjaga. Popularitas kopi kian menjadi karena hampir semua rantai makanan utama di seluruh dunia menjual beberapa atau varian lain berbahan kopi.

Sponsored

Tak hanya dalam kondisi panas dan hangat, minuman kopi juga bisa disuguhkan dalam kondisi dingin. Misalnya, bubuk kopi bisa digunakan untuk membuat es krim.

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kopi bermanfaat bagi tubuh karena memiliki zat yang disebut kafein yang dapat membantu orang merasa lebih energik.

Menurut penelitian Harvard Health Publishing, peminum kopi cenderung hidup lebih lama dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, sindrom Parkinson, dan diabetes tipe dua.

Berita Lainnya