sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Health Working Group bahas tiga isu prioritas bidang kesehatan

Indonesia mendorong penggunaan sertifikat vaksinasi Covid-19 untuk perjalanan lintas negara.

Dinda Berenice
Dinda Berenice Senin, 28 Mar 2022 15:24 WIB
Health Working Group bahas tiga isu prioritas bidang kesehatan

Kementerian Kesehatan menggelar rangkaian pertemuan Health Working Group (HWG) bertajuk ''Harmonizing Global Health Protocol Standards'' di Yogyakarta pada 28-30 Maret 2022.

Sebagai bagian dari rangkaian Sherpa Track Presidensi G20, pertemuan pertama ini digelar secara luring dan daring dengan dihadiri sekitar 70 delegasi mancanegara dan 50 delegasi lokal.

Agenda HWG 1 secara khusus membahas satu dari tiga isu prioritas bidang kesehatan dalam Presidensi G20 yakni harmonisasi standar protokol kesehatan global untuk perjalanan antarnegara.

Sementara agenda HWG 2 akan membahas membangun ketahanan kesehatan global. Dan Agenda HWG 3 akan membahas mengenai pembangunan pusat studi serta maknufaktur untuk pencegahan, perdiapan, dan respons terhadap krisis kesehatan yang akan datang.

Penyelarasan protokol kesehatan antarnegara sangat dibutuhkan untuk menunjang interkonektivitas dan konektivitas sistem informasi kesehatan dari berbagai negara guna memudahkan perjalanan internasional.

Selama tiga hari kedepan, pertemuan HWG 1 akan dibagi dalam 6 sesi diskusi. Sesi 1 membahas tentang Digital Documentation of COVID-19 Certificates, sesi 2 membahas Harmonizing Global Health Protocols, sesi 3 membahas Harmonizing Global Health Protocols, sesi 4 membahas Sharing National Experiences and Best Practices in Implementing Policy and Mutual Recognition, sesi 5 membahas Harmonizing Global Health Protocols dan sesi 6 adalah penutup yakni Follow Up dan Concluding Plennary Session. Masing-masing sesi akan melibatkan pakar dan pemateri dari berbagai negara.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Indonesia mendorong penggunaan sertifikat vaksinasi Covid-19 untuk perjalanan lintas negara. Tetapi tentunya, penggunaan itu juga perlu didukung dengan adanya aplikasi digital protokol kesehatan pada masing-masing negara.

Menurutnya, sertifikat vaksinasi Covid-19 dan penggunaan aplikasi protokol kesehatan dapat menjadi solusi yang akan mempermudah mobilitas pelancong. Upaya ini termasuk perwujudan harmonisasi standar protokol kesehatan global, seperti halnya paspor yang berlaku sama di semua negara.

Sponsored

"Terdapat tiga subagenda yang akan dikejar oleh Indonesia, yakni membangun ketahanan sistem kesehatan global, menyelaraskan standar protokol kesehatan global, dan mengembangkan pusat manufaktur serta pengetahuan global untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons terhadap pandemi. Pandemi menyadarkan bahwa arsitektur kesehatan global perlu diperkuat," papar dia dalam keterangannya secara online, Senin (28/3).

 

 

 

 

Melalui berbagai sesi ini diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan yang dapat mendorong implementasi harmonisasi protokol kesehatan global, sehingga mobilitas antar negara akan semakin terjamin keamanannya serta turut mempercepat pemulihan ekonomi dunia.

 

Berita Lainnya