sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jangan abai ketika sudah divaksinasi

Sudah empat juta penerima yang menerima vaksin selama dua bulan pertama di Indonesia.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Jumat, 19 Mar 2021 15:46 WIB
Jangan abai ketika sudah divaksinasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Indonesia sudah memasuki tahap kedua pemberian vaksin kepada lansia, yang menjadi salah satu kelompok prioritas saat ini. Tentunya pemberian vaksin harus tetap diselarasi oleh protokol kesehatan yang konsisten.

Dokter spesialis penyakit dalam/vaksinolog Dirga Sakti Rambe mengatakan, vaksinasi sangat dibutuhkan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh seseorang. Maka dari itu, adanya program vaksinasi yang dilakukan sebanyak dua kali suntik harus mendapatkan respons positif,

"Suntikan pertama untuk mengenalkan vaksin dan kandungan di dalamnya kepada tubuh kita. Suntikan kedua untuk menumbukan kekebalan dari virus tersebut. Menurut penelitian, masyarakat harus ontime saat pemberian suntikan, dengan jeda 28 hari. Karena itu merupakan jeda paling optimal. Semisalnya, kita tetap terpapar maka yang dialami tidak berat hingga menyebabkan kematian," papar dia dalam webinar, Jumat (19/3).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Dia menyebutkan, sudah empat juta penerima yang menerima vaksin selama dua bulan pertama di Indonesia.

Sponsored

Pemberian vaksinasi kepada masyarakat umum dilakukan sekitar Mei. Vaksiniasi yang dilakukan, diyakininya memberikan efek samping ringan dan relatif aman. Adanya reaksi dari vaksinasi merupakan hal yang wajar karena adanya proses pengenalan dalam antigen tubuh.

"Ketika sudah mendapatkan panggilan untuk vaksinasi, segera manfaatkan. Tetapi bukan berarti setelah divaksinasi, masyarakat abai akan perhatiannya terhadap protokol kesehatan. Mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Itu semua dapat membantu mengendalikan pandemi yang sedang ada diantara kita dan mengakhiri era tersebut," papar dia.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya